ANALISIS BERITA KASUS BULLYING PADA AUDREY (Analisis Framing Robert N. Entman Pada Berita ‘Ditangkap! Polisi Tetapkan Tiga Tersangka Kasus Penganiayaan Siswi di Pontianak’ Tanggal 10 April 2019 di Program Metro Hari ini di Metro TV)

NADEAK, OLODY AMANTHA JULIO CESAR (2019) ANALISIS BERITA KASUS BULLYING PADA AUDREY (Analisis Framing Robert N. Entman Pada Berita ‘Ditangkap! Polisi Tetapkan Tiga Tersangka Kasus Penganiayaan Siswi di Pontianak’ Tanggal 10 April 2019 di Program Metro Hari ini di Metro TV). S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (OLODY AMANTHA JULIO CESAR NADEAK)
14 09 05480_0.pdf

Download (689kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14 09 05480_1.pdf

Download (260kB) | Preview
[img] Text
14 09 05480_2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)
[img] Text
14 09 05480_3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (17MB)
[img]
Preview
Text
14 09 05480_4.pdf

Download (143kB) | Preview

Abstract

Kasus bullying pada Audrey ini sempat menjadi topik berita yang memiliki nilai berita yang sangat tinggi, bahkan masuk dalam berita utama. Audrey mendapat simpatisan baik dari kalangan masyarakat biasa hingga dari kalangan public figure Indonesia. Bahkan, petisi untuk Polda Kalimantan Barat yang berjudul “Segera Berikan Keadilan Audrey” sudah menembus angka 3,6 juta lebih tanda tangan. Penelitian ini menggunakan teori kontruksi realitas Peter L. Berger dan Thomas Luckman, melalui tiga tahapan proses yaitu eksternalisasi, objektivikasi dan internalisasi. Menganalisis dengan metode analisis framing Robert N. Entman. Data penelitian berita kasus bullying pada Audrey di berita ‘Ditangkap! Polisi Tetapkan Tiga Tersangka Kasus Penganiayaan Siswi di Pontianak’ Tanggal 10 April 2019 di Program Metro Hari Ini di Metro TV. Hasil Penelitian menemukan bahwa define problems dari Metro Hari ini mendefinisikan Kasus Audrey adalah kasus Audrey ini untuk terus diawasi perkembangannya. Bagaimana tindakan Kepolisian terhadap tersangka yang telah ditetapkan dan mempertanyakan keputusan dari Kepolisian. Diagnose causes dari Metro Hari Ini menyoroti penyebab dari kasus Audrey adalah tiga orang pelaku sedangkan korban seorang remaja yang memiliki inisial A. Ketidakbenaran isu yang beredar di media sosial korban mengalami upnormal pada area kewanitaan. Make Moral Judgment dari Metro Hari Ini mengarahkan masyarakat bersimpati terhadap Audrey dan sangat mengecam tindakan yang dilakukan oleh pelaku. Treatment Recommendation dari Metro Hari Ini bahwa pihak kepolisian harus bisa menyelesaikan persoalan Audrey dengan baik, dengan mengawal segala proses mulai dari mediasi hingga jika nanti kasus dibawa ke pengadilan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Bullying, Kontruksi, Framing, Metro TV
Subjects: Komunikasi > Jurnalisme
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 29 Nov 2021 09:44
Last Modified: 29 Nov 2021 09:44
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/25534

Actions (login required)

View Item View Item