ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI INTENTION TO PLAY DAN EFEKNYA PADA INTENTION TO PAY VIRTUAL ITEM DALAM GAME PUBG MOBILE

Setiawan, Valerian Andre (2021) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI INTENTION TO PLAY DAN EFEKNYA PADA INTENTION TO PAY VIRTUAL ITEM DALAM GAME PUBG MOBILE. S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (Valerian Andre Setiawan)
170323324 0.pdf

Download (726kB) | Preview
[img]
Preview
Text
170323324 1.pdf

Download (826kB) | Preview
[img]
Preview
Text
170323324 2.pdf

Download (805kB) | Preview
[img] Text
170323324 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (717kB)
[img] Text
170323324 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
170323324 5.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pembelian virtual item pada permainan PUBG Mobile adalah bentuk intention to pay. Peningkatan intention to pay terjadi pada saat konsumen intention to play. Pada intention to play ditentukan oleh banyak faktor seperti time flexibility, arousal, challenge, competition, diversion, fun, fantasy, dan social interaction. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari time flexibility, arousal, challenge, competition, diversion, fun, fantasy, dan social interaction terhadap intention to play dan pengaruh dari intention to play terhadap intention to pay. Jenis penelitian ini adalah penelitian yang menggunakan metode pendekatan kuantitatif dan metode pengukuran data menggunakan skala likert. Penelitian dilakukan dengan menyebarkan kuesioner secara online kepada kepada pemain PUBG Mobile sebanyak 328 responden. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan SEM (Structural Equation Modeling). Teknik analisis berbasis pada PLS (Partial Least Square). Penelitian ini menggunakan aplikasi dalam komputer SmartPLS 3.3.3. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) time flexibility, challenge, competition, fun, social interaction berpengaruh positif terhadap intention to play. 2) Intention to play berpengaruh positif terhadap intention to pay. 3) Hasil penelitian variabel arousal, dan diversion tidak berpengaruh terhadap intention to play dan fantasy berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap intention to play.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Faktor-faktor, Intention to Play, dan Intention to Pay.
Subjects: Manajemen > Pemasaran
Depositing User: Editor 4 uajy
Date Deposited: 17 Dec 2021 14:47
Last Modified: 17 Dec 2021 14:47
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/26069

Actions (login required)

View Item View Item