PERAN ELECTRONIC WORD OF MOUTH PADA CITRA MEREK DAN NIAT PEMBELIAN ONLINE TERHADAP MEREK NIVEA DI YOGYAKARTA

Nathaniela, Ruth (2021) PERAN ELECTRONIC WORD OF MOUTH PADA CITRA MEREK DAN NIAT PEMBELIAN ONLINE TERHADAP MEREK NIVEA DI YOGYAKARTA. S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (RUTH NATHANIELA)
170323343 0.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
170323343 1.pdf

Download (465kB) | Preview
[img]
Preview
Text
170323343 2.pdf

Download (666kB) | Preview
[img] Text
170323343 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (758kB)
[img] Text
170323343 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
170323343 5.pdf

Download (897kB) | Preview

Abstract

Perkembangan internet pada era globalisasi ini memiliki peran yang penting bagi kehidupan masyarakat dan perusahaan di Indonesia, khususnya di dalam proses keputusan pembelian produk kecantikan dan perawatan tubuh. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran dari ulasan online dan citra merek terhadap niat pembelian online pada produk NIVEA di kalangan konsumen di Yogyakarta. Melakukan kegiatan belanja secara online dengan memperhatikan ulasan-ulasan di media sosial dan internet/blog telah menjadi sebuah fenomena yang sedang trend dan banyak digemari oleh konsumen di Indonesia saat ini. Penelitian ini akan menguji seberapa besar peranan yang diberikan oleh ulasan online untuk mempengaruhi citra merek dan niat pembelian online. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan metode purposive sampling melalui kuesioner dengan menggunakan Google Form yang disebarkan kepada 220 responden di Yogyakarta yang merupakan konsumen yang familiar dengan produk NIVEA. Data penelitian akan dihitung dan dianalisis dengan menggunakan metode SEM PLS dengan menggunakan software SmartPLS 3.0. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa electronic word of mouth (ulasan online) dan citra merek memiliki hasil yang signifikan dan berpengaruh positif terhadap niat pembelian online. Hasil juga menunjukkan bahwa citra merek memiliki peran partial mediation (mediasi sebagian) yang dimana ulasan online mampu untuk mempengaruhi citra merek pada suatu produk dan semakin baik citra merek yang dimiliki oleh suatu produk, maka dapat meningkatkan niat pembelian konsumen secara online.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Electronic Word of Mouth, Ulasan Online, Citra Merek, dan Niat Pembelian Online.
Subjects: Manajemen > Pemasaran
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Editor 4 uajy
Date Deposited: 20 Dec 2021 08:22
Last Modified: 20 Dec 2021 08:22
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/26072

Actions (login required)

View Item View Item