PEMBANGUNAN APLIKASI GAME EDUKASI RITME GAME DARI LAGU-LAGU NASIONAL

Bagaskoro, Aditya (2021) PEMBANGUNAN APLIKASI GAME EDUKASI RITME GAME DARI LAGU-LAGU NASIONAL. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Aditya Bagaskoro)
160708678_bab 0.pdf

Download (351kB) | Preview
[img]
Preview
Text
160708678_bab 1.pdf

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text
160708678_bab 2.pdf

Download (203kB) | Preview
[img] Text
160708678_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (234kB)
[img] Text
160708678_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
160708678_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
160708678_bab 6.pdf

Download (164kB) | Preview

Abstract

Semakin berkembangnya zaman, guru dituntut untuk semakin kreatif dalam proses pembelajaran di kelas. Metode pembelajaran zaman dulu di mana guru menjelaskan secara panjang lebar dan murid hanya mendengarkan tidak lagi efektif bila digunakan pada zaman sekarang. Metode tersebut dapat membuat siswa bosan dan pelajaran yang disampaikan jadi tidak tercerna dengan baik. Salah satu cara untuk menggantikan metode tersebut yaitu dengan menggunakan media pembelajaran. Contoh media pembelajaran yang banyak digunakan saat ini yaitu Powerpoint dan game edukasi. Pembangunan game edukasi ritme game dari lagu-lagu nasional bertujuan untuk meningkatkan semangat belajar pemainnya dalam menghapal lirik dan irama dari lagu-lagu nasional. Game bisa dimainkan semua kalangan, namun lebih ditujukan kepada siswa sekolah menengah pertama yang mendapatkan topik pelajaran tentang lagu-lagu nasional. Game ini ditujukan untuk platform smartphone Android, karena pada zaman sekarang, sebagian besar siswa memiliki smartphone, selain itu, perangkat ini juga mudah untuk dibawa kemana-mana. Hasil dari pembangunan game ini adalah sebuah game edukasi ritme dari lagu-lagu nasional. Jenis game edukasi ini adalah drill and practice di mana semakin banyak pemain mengulangi stage lagu maka semakin bertambah pula pengetahuan pemain tentang irama dan lirik dari lagu yang dimainkan. Selain itu, berdasarkan dari hasil kuesioner, sekitar 76 % pemain setuju bahwa setelah mereka memainkan game ini mereka semakin hapal lirik lagu dan irama dari lagu nasional yang mereka mainkan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Game edukasi, Game ritme, Lagu nasional, Smartphone.
Subjects: Teknik Informatika > Soft Computing
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Informatika
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 10 Feb 2022 11:31
Last Modified: 10 Feb 2022 11:31
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/26261

Actions (login required)

View Item View Item