PENERAPAN AUGMENTED REALITY PADA SMARTPHONE SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN TATA CARA SHOLAT

Ababil, Alfarau Al (2021) PENERAPAN AUGMENTED REALITY PADA SMARTPHONE SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN TATA CARA SHOLAT. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Alfarau Al Ababil)
170709435_bab 0.pdf

Download (419kB) | Preview
[img]
Preview
Text
170709435_bab 1.pdf

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text
170709435_bab 2.pdf

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text
170709435_bab 3.pdf

Download (251kB) | Preview
[img] Text
170709435_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
170709435_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
170709435_bab 6.pdf

Download (186kB) | Preview

Abstract

Sholat merupakan kegiatan ibadah yang wajib dilaksanakan setiap umat islam. Pada saat ini teknologi berkembang dengan sangat pesat, menjadikan smartphone sebagai kebutuhan setiap orang, dari kalangan anak – anak hingga dewasa. Banyak orang melupakan ibadah sholat karena terlena oleh smartphone, bahkan anak – anak lebih senang bermain dengan smartphone daripada belajar tentang sholat. Dengan kemajuan teknologi ini perlu adanya suatu variasi penggunaan smartphone agar dapat memberi manfaat lebih untuk anak – anak. Perlu diciptakannya sebuah aplikasi edukasi yang menarik dan interaktif menggunakan Augmented Reality tentang tata cara sholat yang baik dan benar kepada anak – anak agar mereka tidak lupa akan kewajibannya. Augmented Reality merupakan perpaduan gambar dua atau tiga dimensi dengan dunia nyata pada layar smartphone secara real-time. Dengan perangkat lunak bernama Blender, karakter dapat dibuat dengan bentuk animasi 3D dengan gerakan yang sudah ditentukan. Aplikasi dikembangkan dengan menggunakan perangkat lunak bernama Unity dengan menggunakan script bahasa C#. Selanjutnya aplikasi dapat digunakan pada smartphone android. Aplikasi yang telah dibangun dapat menampilkan animasi 3D secara realtime. Dengan adanya aplikasi ini dapat menjadi media belajar untuk anak – anak pada smartphone android. Aplikasi ini dapat menjadi solusi supaya penggunaan smartphone pada anak – anak dapat berdampak positif.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Augmented Reality, Sholat, Android, Smartphone
Subjects: Teknik Informatika > Soft Computing
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Informatika
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 14 Feb 2022 11:49
Last Modified: 14 Feb 2022 11:49
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/26308

Actions (login required)

View Item View Item