Ababil, Alfarau Al (2021) PENERAPAN AUGMENTED REALITY PADA SMARTPHONE SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN TATA CARA SHOLAT. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.
|
Text (Alfarau Al Ababil)
170709435_bab 0.pdf Download (419kB) | Preview |
|
|
Text
170709435_bab 1.pdf Download (205kB) | Preview |
|
|
Text
170709435_bab 2.pdf Download (168kB) | Preview |
|
|
Text
170709435_bab 3.pdf Download (251kB) | Preview |
|
Text
170709435_bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text
170709435_bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
|
Text
170709435_bab 6.pdf Download (186kB) | Preview |
Abstract
Sholat merupakan kegiatan ibadah yang wajib dilaksanakan setiap umat islam. Pada saat ini teknologi berkembang dengan sangat pesat, menjadikan smartphone sebagai kebutuhan setiap orang, dari kalangan anak – anak hingga dewasa. Banyak orang melupakan ibadah sholat karena terlena oleh smartphone, bahkan anak – anak lebih senang bermain dengan smartphone daripada belajar tentang sholat. Dengan kemajuan teknologi ini perlu adanya suatu variasi penggunaan smartphone agar dapat memberi manfaat lebih untuk anak – anak. Perlu diciptakannya sebuah aplikasi edukasi yang menarik dan interaktif menggunakan Augmented Reality tentang tata cara sholat yang baik dan benar kepada anak – anak agar mereka tidak lupa akan kewajibannya. Augmented Reality merupakan perpaduan gambar dua atau tiga dimensi dengan dunia nyata pada layar smartphone secara real-time. Dengan perangkat lunak bernama Blender, karakter dapat dibuat dengan bentuk animasi 3D dengan gerakan yang sudah ditentukan. Aplikasi dikembangkan dengan menggunakan perangkat lunak bernama Unity dengan menggunakan script bahasa C#. Selanjutnya aplikasi dapat digunakan pada smartphone android. Aplikasi yang telah dibangun dapat menampilkan animasi 3D secara realtime. Dengan adanya aplikasi ini dapat menjadi media belajar untuk anak – anak pada smartphone android. Aplikasi ini dapat menjadi solusi supaya penggunaan smartphone pada anak – anak dapat berdampak positif.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Augmented Reality, Sholat, Android, Smartphone |
Subjects: | Teknik Informatika > Soft Computing |
Divisions: | Fakultas Teknologi Industri > Teknik Informatika |
Depositing User: | Editor 3 uajy |
Date Deposited: | 14 Feb 2022 11:49 |
Last Modified: | 14 Feb 2022 11:49 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/26308 |
Actions (login required)
View Item |