PENGEMBANGAN GAME EDUKASI COVID-19 BERGENRE ROLE PLAYING GAME MENGGUNAKAN GAME ENGINE UNITY

Willim, Charrey (2021) PENGEMBANGAN GAME EDUKASI COVID-19 BERGENRE ROLE PLAYING GAME MENGGUNAKAN GAME ENGINE UNITY. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Charrey Willim)
170709459_ bab 0.pdf

Download (335kB) | Preview
[img]
Preview
Text
170709459_ bab 1.pdf

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
170709459_ bab 2.pdf

Download (133kB) | Preview
[img]
Preview
Text
170709459_ bab 3.pdf

Download (120kB) | Preview
[img] Text
170709459_ bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
170709459_ bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
170709459_ bab 6.pdf

Download (168kB) | Preview

Abstract

Munculnya pandemi COVID-19 pada tahun 2020 membuat perubahan besar terhadap kehidupan di seluruh dunia. COVID-19 telah menyebar dengan sangat cepat ke seluruh dunia, tak terkecuali Indonesia. Penyebaran yang sangat cepat ini dipengaruhi oleh kurangnya edukasi masyarakat mengenai COVID-19. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk membangun aplikasi game edukasi bergenre Role Playing Game menggunakan game engine Unity yang dapat mengedukasi pengguna mengenai COVID-19 dengan baik. Aplikasi yang dibangun bernama Covid Chronicle. Terdapat beberapa kegiatan yang dilakukan dalam penelitian ini. Dimulai dari pengumpulan data menggunakan studi literatur seperti dokumen, buku, ebook, serta jurnal terkait pengembangan game dan COVID-19 untuk dijadikan referensi. Dalam perancangannya, penelitian ini menggunakan metode prototyping yang mencakup pengumpulan kebutuhan, membangun prototyping, evaluasi prototyping, dan pengkodean game. Selain itu juga terdapat kegiatan pengujian game dan dokumentasi penelitian. Hasil dari proses penelitian ini adalah sebuah game edukasi berjudul Covid Chronicle berbasis Windows yang dibuat menggunakan game engine Unity. Aplikasi ini kemudian diujikan kepada 30 tester dan menghasilkan respon positif, yaitu feedback dari tester yang menyatakan bahwa aplikasi aplikasi game edukasi ini sudah efektif dalam penyampaian informasi dan wawasan seputar COVID-19.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: ovid chronicle, covid-19, unity, role playing game
Subjects: Teknik Informatika > Soft Computing
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Informatika
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 14 Feb 2022 12:28
Last Modified: 14 Feb 2022 12:28
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/26312

Actions (login required)

View Item View Item