PERAN PEMERINTAH DAERAH DALAM PENGELOLAAN PAJAK PENERANGAN JALAN BAGI PENYEDIAAN PENERANGAN JALAN UMUM DI KABUPATEN INDRAGIRI HILIR

Rina, . (2021) PERAN PEMERINTAH DAERAH DALAM PENGELOLAAN PAJAK PENERANGAN JALAN BAGI PENYEDIAAN PENERANGAN JALAN UMUM DI KABUPATEN INDRAGIRI HILIR. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Rina)
170512831_bab 0.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
170512831_bab 1.pdf

Download (519kB) | Preview
[img] Text
170512831_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (640kB)
[img]
Preview
Text
170512831_bab 3.pdf

Download (346kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana peran pemerintah daerah dalam melakukan pengelolaan pajak penerangan jalan bagi penyediaan penerangan jalan umum di Kabupaten Indragiri Hilir. Pajak Penerangan Jalan merupakan salah satu jenis pajak daerah yang memberikan kontribusi yang cukup besar terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD) pengelolaannya dilakukan oleh Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda). Penelitian hukum normative ini menggunakan data sekunder dari peraturan dan keterangan dari narasumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Peranan pemerintah daerah melalui Dinas Pendapatan Daerah dalam melakukan pemungutan dan mengelola hasil pajak Penerangan Jalan untuk pemenuhan kebutuhan masyarakat Kabupaten Indragiri Hilir dilakukan dengan beberapa cara, yakni dengan membuat regulasi, inovasi, perjanjian kerjasama dan turun langsung ke lapangan. Pengenaan Pajak Penerangan Jalan yang dilakukan berdasar Peraturan Daerah untuk memenuhi kebutuhan masyarakat atas Penerangan Jalan umum tersebut bisa terpenuhi.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pajak Daerah, Pajak Penerangan Jalan, Peran, Pemerintah Daerah
Subjects: Ilmu Hukum > Kenegaraan dan Pemerintah
Divisions: Fakultas Hukum > Program Studi Ilmu Hukum
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 18 Feb 2022 10:17
Last Modified: 18 Feb 2022 10:17
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/26390

Actions (login required)

View Item View Item