Motivasi Menggunakan Sepatu Merek Lokal Pada Sneakerhead di Yogyakarta

KERILIWI, YOSEF (2022) Motivasi Menggunakan Sepatu Merek Lokal Pada Sneakerhead di Yogyakarta. S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (YOSEF KERILIWI)
170906213 0.pdf

Download (609kB) | Preview
[img]
Preview
Text
170906213 1.pdf

Download (575kB) | Preview
[img]
Preview
Text
170906213 2.pdf

Download (448kB) | Preview
[img] Text
170906213 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (403kB)
[img]
Preview
Text
170906213 4.pdf

Download (421kB) | Preview

Abstract

Tren kebangkitan lokal akhir ini sedang muncul di lingkungan masyarakat Indonesia sehingga apresiasi orang terhadap produk lokal mulai muncul. Handoko Hendroyono memberi nama fenomena ini "local is the new global" yang berarti memakai produk lokal akan identik dengan nuansa keren. Sehingga peneliti ingin mengetahui motivasi dibalik menggunakan sepatu, di kalangan sneakerhead apakah mereka memang memiliki tujuan yang akan dicapai, atau pengakuan dari peer group akan sebuah sepatu dan pengaruh dari diri yang memang bangga akan merek lokal dan mendukungnya. penelitian ini bertujuan untuk melhat motivasi dari para sneakerhead dalam memakai sepatu lokal yang mereka punyai. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah studi kasus pada sneakerhead yang ada di Yogyakarta dengan pengambilan data melalui wawancara mendalam dengan tiga narasumber yang mempunyai sepatu dengan produk lokal dengan teknik triangulasi, dari ketiga narasumber dapat saling melengkap data yang diperlukan oleh penulis. Temuan penelitian didapatkan bahwa ketiga sneakerhead mempunyai motivasi yang berbeda beda dalam memakai sebuah sepatu dan proses motivasinya terdiri dari 3 tahap yaitu needs, behavior, dan goals. pada tahap needs narasumber memilih psychological needs yang kebutuhannya berdasarkan lingkungan atau pengaruh orang lain, sehabis itu dipengaruhi oleh beberapa faktor dari behavior seperti pertimbangan harga dan kualitas pada saat membeli dan pengaruh akan tokoh yang para sneakerhead lihat ketika hendak membeli sepatu lokal. Menuju ke goals berupa generic goals yang berorientasi pada pemenuhan kebutuhan psikologi.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Motivasi, Sepatu Lokal, Behavior
Subjects: Komunikasi > Advertising
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor 6 uajy
Date Deposited: 13 May 2022 13:54
Last Modified: 13 May 2022 13:54
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/26777

Actions (login required)

View Item View Item