PERAN GANDA BURUH GENDONG PEREMPUAN SINGLE PARENT DALAM RANAH PUBLIK DAN DOMESTIK (Studi Deskriptif Kualitatif di Pasar Beringharjo Yogyakarta)

SIMANJORANG, IDA SARINA (2022) PERAN GANDA BURUH GENDONG PEREMPUAN SINGLE PARENT DALAM RANAH PUBLIK DAN DOMESTIK (Studi Deskriptif Kualitatif di Pasar Beringharjo Yogyakarta). S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IDA SARINA SIMANJORANG)
171006402 0.pdf

Download (636kB) | Preview
[img]
Preview
Text
171006402 1.pdf

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text
171006402 2.pdf

Download (321kB) | Preview
[img] Text
171006402 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (321kB)
[img]
Preview
Text
171006402 4.pdf

Download (525kB) | Preview

Abstract

K Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran ganda buruh gendong perempuan single parent di Pasar Beringharjo Yogyakarta menjalankan peran ganda di ranah publik dan domestik, serta mengetahui kendala apa saja yang dihadapi oleh buruh gendong perempuan single parent dalam menjalankan peran ganda di ranah publik dan domestik. Penelitian ini menggunakan konsep Michelle yang menjelaskan tentang peran ganda, dimana peran ganda mencakup peran perempuan pada ranah domestik dan publik. Pada penelitian ini metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian ini adalah yang pertama, buruh gendong perempuan single parent di Pasar Beringharjo menjalankan peran ganda dalam ranah domestik yaitu mengurus keperluan anak, mendampingi aktivitas anak, mengawasi aktivitas anak dan melakukan pekerjaan rumah tangga. Sedangkan peran publik yang dilakukan oleh buruh gendong perempuan single parent yaitu sebagai pekerja yaitu buruh gendong, aktif dalam kegiatan di lingkungan masyarakat, dalam kegiatan organisasi masyarakat di tempat tinggal, dan dalam kegiatan organisasi di tempat kerja. Kedua, kendala yang dihadapi oleh buruh gendong perempuan single parent di Pasar Beringharjo Yogyakarta yaitu kendala dalam menjalankan peran domestik yang mana mereka sulit membagi waktu antara peran sebagai ibu rumah tangga dan anggota atau pengurus organisasi masyarakat. Selanjutnya kendala dalam menjalankan peran publik sebagai pekerja yaitu adanya masalah kesehatan tulang, kesulitan membagi waktu antara pekerjaan rumah tangga dan pekerjaan mereka sebagai buruh gendong, serta masalah kepekaan antara sesama buruh gendong dalam membagi gendongan. Selanjutnya kendala dalam menjalankan peran sebagai pengurus organisasi di tempat kerja yaitu, kurangnya kesadaran diri antara anggota satu dengan yang lain, seperti tidak membayar pinjaman. Jadi buruh gendong perempuan single parent di Pasar Beringharjo Yogyakarta masih tetap menjalankan peran ganda pada ranah domestik dan publik dengan intensitas yang berbeda, tergantung pada kondisi keluarga dan beban kerja mereka. Begitu juga dengan kendala yang mereka hadapi.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Peran ganda, buruh gendong perempuan, single parent, ranah domestik, ranah publik
Subjects: Sosiologi > Business
Divisions: Fakultas ISIP > Sosiologi
Depositing User: Editor 6 uajy
Date Deposited: 14 Oct 2024 18:19
Last Modified: 14 Oct 2024 18:19
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/26925

Actions (login required)

View Item View Item