PENGARUH PSIKOLOGI INVESTOR : BEHAVIORAL BIAS OVERCONFIDENCE, LOSS AVERSION, DAN DISPOSITION EFFECT) TERHADAP KEPUTUSAN INVESTASI PADA GENERASI MILENIAL DI APLIKASI AJAIB

Yolanda, Alsa (2022) PENGARUH PSIKOLOGI INVESTOR : BEHAVIORAL BIAS OVERCONFIDENCE, LOSS AVERSION, DAN DISPOSITION EFFECT) TERHADAP KEPUTUSAN INVESTASI PADA GENERASI MILENIAL DI APLIKASI AJAIB. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Alsa Yolanda)
180324122_Bab 0.pdf

Download (441kB) | Preview
[img]
Preview
Text
180324122_Bab 1.pdf

Download (288kB) | Preview
[img]
Preview
Text
180324122_Bab 2.pdf

Download (426kB) | Preview
[img] Text
180324122_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (438kB)
[img] Text
180324122_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (307kB)
[img]
Preview
Text
180324122_Bab 5.pdf

Download (285kB) | Preview

Abstract

Dengan kemajuan teknologi yang semakin cepat membuat generasi milenial sangatlah memerlukan adanya suatu pengetahuan mengenai pengelolaan keuangan. Oleh karena itu, peluang satu ini dimanfaatkan oleh platform investasi digital. Salah satunya, yakni Aplikasi Ajaib. Dengan adanya permintaan investasi yang semakin meningkat tentu akan berkaitan pada keputusan investasi yang diambil dan dilakukan seorang calon investor. Karakteristik dari generasi milenial yang cenderung sangat percaya diri, dan berorientasi pada pencapaian, maka perilaku overconfidence akan membuat generasi milenial melebih-lebihkan kemampuan yang dimiliki. Loss aversion dimana sebuah bias yang memungkinkan individu untuk sebisa mungkin menghindari kerugian dan terus meraup keuntungan sesuai dengan karakteristik generasi milenial yang selalu berorientasi pada pencapaian. Disposition effect sebagai suatu keengganan seorang investor untuk melakukan penjualan aset yang sedang mengalami rugi, serta adanya suatu kemungkinan menjual aset yang sudah menghasilkan keuntungan meski baru mendapatkan keuntungan kecil. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh overconfidence, loss aversion, dan disposition effect terhadap keputusan investasi pada generasi milenial di Aplikasi Ajaib. Kriteria sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengguna aplikasi Ajaib di Indonesia khususnya pada generasi milenial yang lahir pada tahun 1980-2000 yang sudah mengetahui layanan aplikasi Ajaib dan sudah melakukan investasi. Jenis penelitian ini menggunakan data primer dengan menyebarkan pertanyaan atau kuesioner yang diambil dari 110 responden yang telah memenuhi kriteria yang ditentukan. Metode analisis yang dipakai dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa overconfidence, loss aversion, dan disposition effect berpengaruh positif terhadap keputusan investasi pada generasi milenial di Aplikasi Ajaib.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: overconfidence, loss aversion, disposition effect, keputusan investasi, generasi milenial, Aplikasi Ajaib
Subjects: Manajemen > Operasi dan Sistem Informasi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 02 Aug 2022 13:05
Last Modified: 02 Aug 2022 13:05
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/27099

Actions (login required)

View Item View Item