ANALISIS VALUE DARI REWARD PADA E-LEARNING GAMIFIKASI SISTEM INFORMASI UAJY

Simamora, Cornelius Excel (2022) ANALISIS VALUE DARI REWARD PADA E-LEARNING GAMIFIKASI SISTEM INFORMASI UAJY. S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (Cornelius Excel Simamora)
181709740_Bab 0.pdf

Download (386kB) | Preview
[img]
Preview
Text
181709740_Bab 1.pdf

Download (292kB) | Preview
[img]
Preview
Text
181709740_Bab 2.pdf

Download (389kB) | Preview
[img] Text
181709740_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (371kB)
[img] Text
181709740_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
181709740_Bab 5.pdf

Download (319kB) | Preview

Abstract

Dalam sebuah sistem edukasi, proses belajar mengajar merupakan kegiatan utama yang dilakukan oleh siswa dan pengajar. Salah satu metode belajar mengajar yang memanfaatkan perkembangan teknologi saat ini adalah e-learning. Penerapan gamifikasi pada proses e-learning dilakukan dengan beberapa alasan yang mendasar seperti untuk mempromosikan proses belajar mengajar dengan lebih baik kepada siswa. Alasan lain yang digunakan pengajar seperti untuk meningkatkan motivasi siswa terhadap topik yang dibahas, terutama bagi proses belajar mengajar yang dilakukan secara daring. Penelitian ini berfokus pada sistem e-learning gamifikasi yang terdapat pada program studi Sistem Informasi UAJY untuk mengidentifikasi aspek value dari reward pada sistem tersebut bagi pengguna, yang dalam hal ini merupakan mahasiswa yang terlibat dalam tahap uji coba implementasi e-learning gamifikasi pada mata kuliah Metode Penelitian. Hasil analisa dari penelitian ini telah berhasil mengidentifikasi berbagai value dari rewards pada elemen gamifikasi yang ada pada situs kuliah gamifikasi untuk mata kuliah metode penelitian. Penelitian ini juga telah melihat pengalaman mahasiswa terkait berbagai value yang sudah diidentifikasi. Pada penelitian ini, telah berhasil menemukan 11 bentuk value dari hasil wawancara 10 mahasiswa yang menjadi pengguna dari situs kuliah gamifikasi tersebut.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik Informatika > Soft Computing
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Informatika
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 17 Aug 2022 14:15
Last Modified: 17 Aug 2022 14:15
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/27190

Actions (login required)

View Item View Item