ANALISIS KEBUTUHAN DAN PROTOTYPING SISTEM UNTUK UNIFIED LEARNING SYSTEM DENGAN GAMIFIKASI DI STUDYCLE

Rustandi, Etnatia (2022) ANALISIS KEBUTUHAN DAN PROTOTYPING SISTEM UNTUK UNIFIED LEARNING SYSTEM DENGAN GAMIFIKASI DI STUDYCLE. S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (Etnatia Rustandi)
181709687 0.pdf

Download (636kB) | Preview
[img]
Preview
Text
181709687-1.pdf

Download (826kB) | Preview
[img]
Preview
Text
181709687-2.pdf

Download (505kB) | Preview
[img] Text
181709687-3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (593kB)
[img] Text
181709687-4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img]
Preview
Text
181709687-5.pdf

Download (467kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kebutuhan sistem dalam mengembangkan unified learning system berbasis gamifikasi yang ideal untuk multi subject dan multi user. Studycle merencanakan product enhancement yang menerapkan gamifikasi pada aplikasi e-learning berbasis web sehingga dapat menjangkau target pasar yang lebih luas. Dalam perancangan aplikasi, dilakukan studi literatur, wawancara, dan benchmarking produk sejenis untuk mengumpulkan kebutuhan sistem, hasilnya didapatkan kebutuhan sistem yang meliputi pemanfaatan konten multimedia dan penerapan elemen game ke dalam fitur sistem. Hasil dari mengumpulkan kebutuhan dituangkan ke dalam use case diagram, activity diagram, serta entity relationship diagram sebagai acuan untuk merancang prototipe aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan pengguna. Prototipe dibuat dengan rancangan low-fidelity kemudian rancangan high-fidelity. Setelah prototipe selesai dirancang, dilakukan evaluasi dengan metode cognitive walkthrough kepada penguji, yaitu Product Manager di Studycle, untuk mengetahui apakah kegunaan sistem sudah sesuai dengan tujuan. Rancangan kemudian diperbaiki sesuai dengan rekomendasi yang diberikan pada evaluasi sehingga hasil akhir prototipe dapat diterima dengan baik oleh Product Manager sebagai perwakilan perusahaan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: learning system; gamification; kebutuhan sistem; prototyping; cognitive walkthrough
Subjects: Sistem Informasi
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Sistem Informasi
Depositing User: Editor 5 uajy
Date Deposited: 13 Sep 2022 12:07
Last Modified: 13 Sep 2022 12:07
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/27432

Actions (login required)

View Item View Item