PENGGUNAAN LIMBAH BETON SEBAGA! SUBTITUSI MATERIAL PADA LASTON AC-WC

Nugrahenny, Amelia Bunga (2020) PENGGUNAAN LIMBAH BETON SEBAGA! SUBTITUSI MATERIAL PADA LASTON AC-WC. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Amelia Bunga Nugrahenny)
160216561_Bab 0.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
160216561_Bab 1.pdf

Download (242kB) | Preview
[img]
Preview
Text
160216561_Bab 2.pdf

Download (366kB) | Preview
[img]
Preview
Text
160216561_Bab 3.pdf

Download (697kB) | Preview
[img] Text
160216561_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (519kB)
[img] Text
160216561_Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (956kB)
[img]
Preview
Text
160216561_Bab 6.pdf

Download (338kB) | Preview

Abstract

Perkembangan zaman yang begitu pesat membuat pertumbuhan perekonomian teknologi, pendidikan, dan sosial budaya manusia makin meningkat. Dalam mendukung perkembangan tersebut, dibutuhkan fasilitas penunjang sepert i sarana dan prasarana. Prasarana terdiri dari beberapa jenis termasuk jalan raya yang dapat menghubungkan satu daerah kedaerah lainnya dapat diperkeras dengan ketebalan, kekakuan, dan kekuatan tergantung dari jenis konstruksinya. Perkerasan jalan raya perlu adanya inovasi-inovasi baru yang ramah lingkungan, seperti penggunaan limbah beton sebagai subtitusi material pada laston AC-WC, dengan GGBFS (Ground Graulated Blast Furnance Slag) sebagai bahan pengisi (filler). Pada penelitian ini menggunakan hasil perhitungan dari marshall test agar mengetahui masing-masing nilai karakteristik marshall. Kadar limbah beton yang digunakan 0%, 25%, 50%, dan 75% dengan kadar aspal masing-masing 5%, 5,5%, 6%, 6,5%, dan 7%, serta GGBFS sebagai filler digunakan 2% sesuai dengan ketentuan Spesifikasi Umum Bina Marga Tahun 2010 Revisi 3. Hasil analisis data yang didapatkan, dibuat grafik sehingga diketahui perbandingan masing-masing kadar. Hasil penelitian didapatkan bahwa, penggunaan limbah beton sebagai subtitusi material pada kadar 15% dengan kadar aspal 6,5% yang berpengaruh baik dengan nilai karakteristik marshall seperti: Stabilitas sebesar 1439,48 Kg, Kelelehan sebesar 2,90 mm, VMA sebesar 15,59%, VITM sebesar 3,27%, VFWA sebesar 79,03%, dan MQ sebesar 535,82 Kg/mm. Kadar limbah beton 15% didapatkan nilai KAO (Kadar Aspal Optimum) sebesar 5,95%. Dengan demikian hasil yang didapatkan sesuai dengan Spesifikasi Umum Bina Marga Tahun 2010 Revisi 3.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Penggunaan Limbah Beton, Subtitusi Material, Laston AC-WC, GGBFS.
Subjects: Sipil > Transportasi
Sipil > Transportasi
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 22 Sep 2022 13:18
Last Modified: 22 Sep 2022 13:18
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/27496

Actions (login required)

View Item View Item