Juwita, Pandjaitan Veronika (2021) ANALISIS MANAJEMEN RISIKO PADA PROYEK PEMBANGUNAN JALAN TOL (STUDI KASUS : PROYEK PEMBANGUNAN JALAN TOL RUAS SIGLI – BANDA ACEH). S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.
|
Text (Pandjaitan Veronika Juwita)
170216857_Bab 0.pdf Download (533kB) | Preview |
|
|
Text
170216857_Bab 1.pdf Download (205kB) | Preview |
|
|
Text
170216857_Bab 2.pdf Download (280kB) | Preview |
|
Text
170216857_Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (246kB) |
||
Text
170216857_Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (619kB) |
||
|
Text
170216857_Bab 5.pdf Download (261kB) | Preview |
Abstract
Dalam suatu pelaksanaan proyek konstruksi, tidak dapat dipungkiri bahwa selalu ada ketidak pastian dan risiko yang muncul dari kegiatan tersebut. Adanya risiko dalam proyek konstruksi akan sangat mempengaruhi keberhasilan dari pelaksanaan proyek konstruksi tersebut. Salah satu hal utama yang dilakukan dalam menjamin tercapainya tujuan dan sasaran dari suatu proyek konstruksi adalah dengan melakukan analisis manajemen konstruksi. Penelitian ini membahas tentang faktor-faktor risiko yang mungkin terjadi pada pelaksanaan proyek konstruksi, dalam hal ini adalah dengan studi kasus pada proyek pembangunan Jalan Tol ruas Sigli – Banda Aceh. Kemudian dilanjutkan dengan memberikan perhitungan dan penilaian yang memiliki tujuan untuk mengetahui besarnya nilai risiko yang teridentifikasi, serta mengetahui tindakan mitigasi atau respon risiko terhadap risiko yang teridentifikasi tersebut, sehingga dapat meminimalkan dampak negatif pada pelaksanaan pembangunan Jalan Tol ruas Sigli – Banda Aceh. Penelitian ini dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada responden yang memiliki keterlibatan dalam pelaksanaan proyek pembangunan Jalan Tol ruas Sigli – Banda Aceh, khususnya dari pihak kontraktor. Hasil dari penelitian ini menunjukkan tingkat risiko dari proyek pembangunan Jalan Tol ruas Sigli – Banda Aceh ini terbagi menjadi 3 kategori yang disusun berdasarkan peta risiko sesuai dengan data proyek PT. Adhi Karya (Persero) Tbk., yakni level risiko tinggi, sedang, dan rendah. Salah satu sumber yang paling berisiko dan masuk ke dalam kategori risiko dengan level risiko tinggi dalam proyek pembangunan Jalan Tol ruas Sigli – Banda Aceh ini adalah keterlambatan waktu pembayaran owner kepada pihak kontraktor. Sedangkan pada penerimaan risiko terbagi menjadi 2 kategori yang disusun menggunakan metode Godfrey (1996) yakni acceptable (dapat diterima) dan undesirable (tidak diharapkan). Lalu, diperoleh pula analisis respon risiko, dengan tindakan mitigasi yang bertujuan untuk menjadikan tingkat risiko tersebut turun hingga ke level risiko yang dapat diterima dan ditolerir, atau bahkan diabaikan.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Manajemen Risiko, Identifikasi Risiko, Respon Risiko |
Subjects: | Sipil > Manajemen Konstruksi Sipil > Manajemen Konstruksi |
Divisions: | Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil |
Depositing User: | Editor 3 uajy |
Date Deposited: | 06 Oct 2022 09:03 |
Last Modified: | 06 Oct 2022 09:03 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/27579 |
Actions (login required)
View Item |