ALEXANDRA, TANIA FELICIA (2022) USULAN PENATAAN DISPLAY PRODUK PADA TOKO KELONTONG CIPTO. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.
|
Text (TANIA FELICIA ALEXANDRA)
17 06 09203 0.pdf Download (981kB) | Preview |
|
|
Text
17 06 09203 1.pdf Download (187kB) | Preview |
|
|
Text
17 06 09203 2.pdf Download (495kB) | Preview |
|
Text
17 06 09203 3.pdf Restricted to Registered users only Download (328kB) |
||
Text
17 06 09203 4.pdf Restricted to Registered users only Download (607kB) |
||
Text
17 06 09203 5.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
||
Text
17 06 09203 6.pdf Restricted to Registered users only Download (707kB) |
||
|
Text
17 06 09203 7.pdf Download (264kB) | Preview |
Abstract
Toko Kelontong Cipto merupakan salah satu toko kelontong yang berada di Kota Balikpapan. Toko kelontong ini menjual bermacam-macam produk, mulai dari sembako, bumbu dapur, makanan, minuman, obat-obatan, perlengkapan mandi, sampai dengan kebutuhan pribadi. Dari hasil penelitian pendahuluan yang dilakukan didapati informasi bahwa terdapat permasalahan mengenai adanya beberapa produk yang mengalami perputaran penjualan yang lambat artinya bahwa beberapa produk dalam satu minggu belum tentu terjual, seperti produk sabun Lifebuoy, pasta gigi Pepsodent, dan garam Gyuri yang jumlah penjualan setiap bulannya rata-rata hanya di bawah tiga buah. Terdapat empat penyebab permasalahan utama, yaitu penawaran produk lewat display kurang informatif, tidak mengetahui sisa stok produk yang dijual, kemampuan penjualan produk yang dilakukan oleh karyawan toko masih belum maksimal, dan persaingan antar produk. Dari keempat penyebab permasalahan yang ada, urutan prioritas tertinggi dimiliki oleh penyebab permasalahan penawaran produk lewat display kurang informatif, sehingga penyebab permasalahan ini akan diselesaikan terlebih dahulu. Stakeholder pada penelitian ini adalah pemilik toko, karyawan toko, dan pembeli. Critical success factor pada penelitian ini, yaitu dalam pengaplikasian usulan solusi penataan semua produk yang dijual dapat terlihat, tetapi tidak ada pengeluaran biaya atau jika diperlukan pengeluaran biaya masih diizinkan oleh pemilik toko, yaitu tidak lebih dari Rp 1.500.000,- serta tidak ada penambahan luas toko. Terdapat tiga alternatif solusi yang dapat menyelesaikan permasalahan yang ada dan tentunya juga sudah memperhatikan pemenuhan keinginan dari masingmasing stakeholder, seperti kategori produk, kepentingan konsumen, dan kontribusi pendapatan. Ketiga alternatif solusi tersebut antara lain metode category management, metode merchandise hierarchy, dan metode pareto. Hasil perancangan dari kombinasi ketiga metode yang sudah dilakukan adalah sebuah usulan penataan display produk yang memperhatikan dasar pengkategorian produk secara rinci, urutan kepentingan pembeli saat datang berbelanja di toko kelontong ini, dan kontribusi produk. Untuk melihat apakah permasalahan utama yaitu adanya beberapa produk yang mengalami perputaran penjualan yang lambat dapat diselesaikan dengan adanya usulan penataan display produk, dilakukan empat tahapan, yaitu implementasi usulan penataan display produk, pengukuran waktu pencarian produk, presentasi perancangan usulan penataan display produk kepada stakeholder, dan perencanaan jangka panjang. Jika dilihat dari hasil implementasi, penataan display produk dapat meningkatkan perputaran penjualan produk (meskipun belum secara drastis) dan dapat mempercepat waktu pencarian produk. Hasil tersebut memberikan peluang dalam meningkatkan perputaran penjualan produk dari usulan penataan display produk yang sudah dibuat.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | perputaran penjualan lambat, display produk, category management, merchandise hierarchy, pareto |
Subjects: | Teknik Industri > Sistem Kerja |
Divisions: | Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri |
Depositing User: | Editor UAJY |
Date Deposited: | 07 Nov 2022 09:29 |
Last Modified: | 07 Nov 2022 09:29 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/27801 |
Actions (login required)
View Item |