PERANCANGAN STRATEGI PENINGKATAN PENJUALAN PADA UMKM DIAN SNACK & BAKERY

WIJAYA, HEINRICH FERRY (2022) PERANCANGAN STRATEGI PENINGKATAN PENJUALAN PADA UMKM DIAN SNACK & BAKERY. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (HEINRICH FERRY WIJAYA)
18 06 09727 0.pdf

Download (569kB) | Preview
[img]
Preview
Text
18 06 09727 1.pdf

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text
18 06 09727 2.pdf

Download (468kB) | Preview
[img] Text
18 06 09727 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (280kB)
[img] Text
18 06 09727 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (322kB)
[img] Text
18 06 09727 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (868kB)
[img] Text
18 06 09727 6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (637kB)
[img]
Preview
Text
18 06 09727 7.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penurunan penjualan merupakan salah satu masalah yang sering ditemui pada sebuah usaha terutama pandemi. Usaha yang juga mengalami penurunan penjualan saat ini adalah UMKM Dian Snack & Bakery. UMKM Dian Snack & Bakery merupakan UMKM yang bergerak dibidang pengolahan makanan berupa roti. Karena adanya penurunan penjualan, UMKM mengalami kesulitan untuk gaji karyawan. Penelitian ini bertujuan untuk merancang solusi yang dapat meningkatkan minat beli konsumen potensial sebesar 10% tanpa meningkatkan biaya secara signifikan dan tidak perlu menambah karyawan baru. Dalam mendapatkan akar masalah dari penurunan penjualan, dilakukan penyebaran kuesioner kepada konsumen potensial dan wawancara terhadap pemilik serta karyawan UMKM. Akar masalah penurunan penjualan yang ditemukan adalah kurangnya pengetahuan konsumen potensial terhadap merk UMKM karena lokasi yang tidak strategis dan promosi Instagram yang tidak maksimal sehingga alternatif solusi yang dapat diberikan adalah pemilihan lokasi baru dan perancangan strategi promosi digital melalui Instagram. Pemilihan alternatif solusi dilakukan dengan cara menggabungkan kebutuhan ketiga stakeholder dan didapatkan bahwa strategi promosi digital melalui Instagram terpilih karena biaya yang terjangkau, tidak perlu menambah karyawan baru, dan dapat meningkatkan minat beli konsumen potensial dengan parameter jumlah kunjungan profil. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Structural Equation Modeling dan analisis deskriptif. Variabel yang digunakan adalah periklanan, promosi penjualan, personal selling, public relation, dan direct marketing terhadap minat beli konsumen potensial. Penelitian ini menghasilkan bahwa variabel yang berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap minat beli adalah variabel periklanan (0,022), promosi penjualan (0,001), personal selling (0,001), dan public relation (tanda *** yang menandakan kurang dari 0,05) sedangkan yang tidak berpengaruh secara positif dan signifikan adalah direct marketing (0,268). Hasil tersebut direkap dan beberapa rancangan strategi diimplementasikan pada Instagram UMKM selama satu minggu (20-26 Juli 2022) dengan unggahan postingan selama dua hari sekali dan Instagram Story setiap hari. Implementasi telah meningkatkan minat beli berupa kunjungan profil sebesar 101 akun dan konten yang dapat meningkatkan kunjungan profil adalah konten yang menunjukkan variasi roti dengan Reels (80 akun), promosi penjualan berupa gratis ongkir saat membeli produk sebanyak minimal 40 kardus dengan radius area Pemalang dengan postingan (17 akun), memiliki desain seperti adanya tulisan pada kedua media (total 97 akun) sedangkan Instagram Story hanya menghasilkan 4 akun.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: UMKM Dian Snack & Bakery, bauran promosi, minat beli, Structural Equation Modeling
Subjects: Teknik Industri > Sistem Kerja
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 08 Nov 2022 09:31
Last Modified: 08 Nov 2022 09:31
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/27823

Actions (login required)

View Item View Item