PENGARUH BRAND ASSOCIATION TERHADAP MOTIVASI MEMBELI SMARTPHONES (Studi Eksplanatif Pengaruh Brand Association Apple terhadap Motivasi Membeli Produk Smartphones Iphone pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Angkatan 2011 Universitas Atma Jaya Yogyakarta)

Sagita, Hilda (2013) PENGARUH BRAND ASSOCIATION TERHADAP MOTIVASI MEMBELI SMARTPHONES (Studi Eksplanatif Pengaruh Brand Association Apple terhadap Motivasi Membeli Produk Smartphones Iphone pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Angkatan 2011 Universitas Atma Jaya Yogyakarta). S1 thesis, UAJY.

[img]
Preview
Text (Halaman Judul)
0KOM03465.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
1KOM03465.pdf

Download (478kB) | Preview
[img] Text (Bab II)
2KOM03465.pdf
Restricted to Registered users only

Download (103kB)
[img] Text (Bab III)
3KOM03465.pdf
Restricted to Registered users only

Download (250kB)
[img]
Preview
Text (Bab IV)
4KOM03465.pdf

Download (331kB) | Preview

Abstract

Penelitian yang berjudul PENGARUH BRAND ASSOCIATION TERHADAP MOTIVASI MEMBELI bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan antara brand association (atribut produk, manfaat produk, harga produk dan gaya hidup) secara parsial dan simultan terhadap motivasi membeli. Penelitian ini disusun oleh Hilda Sagita dengan nomor mahasiswa 0809 03465. Penelitian ini dilaksanakan di wilayah kampus 3 Fakultas Ekonomi Atma Jaya Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan tipe penelitian eksplanatori. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Ekonomi Atma Jaya Yogyakarta angkatan 2011. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah accidental sampling, jumlah sampel yang dipakai pada penelitian ini adalah sebanyak 86 responden. Hipotesis yang diajukan oleh peneliti adalah; Brand Association mempengaruhi motivasi membeli, atribut produk (X1) mempengaruhi motivasi membeli, manfaat produk (X2) mempengaruhi motivasi membeli, harga produk (X3) mempengaruhi motivasi membeli, dan gaya hidup(X4) mempengaruhi motivasi membeli. Teknik pengukuran data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan skala likert dan skala guttman. Sedangkan analisis data dengan menggunakan analisis regresi berganda. Berdasarkan hasil uji validitas, semua instrument menghasilkan koefisien korelasi lebih besar dari 0,140 dinyatakan valid. Sedangkan uji reliabilitas untuk semua variabel bernilai lebih dari 0,6 dan dinyatakan reliabel. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis, terdapat hubungan yang bernilai positif dan searah antara X1, X2, X3, X4 dengan Y. Terdapat pengaruh secara bersamasama antara Brand Association (X) dengan motivasi membeli (Y). Nilai koefisien determinasi sebesar 0,661, artinya sebesar 66,1% variabel motivasi membeli dapat dijelaskan oleh variabel Brand Association yaitu atribut produk (X1), manfaat produk (X2), harga produk (X3), gaya hiduo (X4), sedangkan sisanya 33,9% (100%-66,1%) dijelaskan oleh variabel lain diluar model dalam penelitian ini. Berdasarkan kesimpulan diatas, dapat diketahui bahwa variabel Brand Association yaitu atribut produk(X1) manfaat produk (X2), harga produk (X3), gaya hidup (X4) dapat menjelaskan variabel motivasi membeli sebesar 66,1%, hal ini menunjukkan bahwa brand association perusahaan merupakan hal yang penting dalam strategi merek dan komunikasi pemasaran yang dapat meningkatkan motivasi membeli produk dari merek yang memiliki citra merek yang tinggi.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Komunikasi > Advertising
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 11 Apr 2013 10:13
Last Modified: 11 Apr 2013 10:13
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/280

Actions (login required)

View Item View Item