Prabaswara, Nuno Pereira Edrean Priasta (2021) EVALUASI ORIENTASI LANDASAN PACU BANDARA INTERNASIONAL YOGYAKARTA. S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.
|
Text (Nuno Pereira Edrean Priasta Prabaswara)
Skripsi_TS_170216841_0 Nuno Pereira Edrean.pdf Download (977kB) | Preview |
|
|
Text
Skripsi_TS_170216841_1 Nuno Pereira Edrean-2.pdf Download (262kB) | Preview |
|
|
Text
Skripsi_TS_170216841_2 Nuno Pereira Edrean-3.pdf Download (149kB) | Preview |
|
|
Text
Skripsi_TS_170216841_3 Nuno Pereira Edrean-4.pdf Download (442kB) | Preview |
|
Text
Skripsi_TS_170216841_ 4Nuno Pereira Edrean-5.pdf Restricted to Registered users only Download (204kB) |
||
Text
Skripsi_TS_170216841_5Nuno Pereira Edrean-6.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
|
Text
Skripsi_TS_170216841_6Nuno Pereira Edrean-7.pdf Download (215kB) | Preview |
Abstract
Penentuan orientasi landasan pacu memiliki beberapa kriteria yang harus dipenuhi agar menghasilkan orientasi yang aman untuk pesawat beroperasi. Untuk menentukan orientasi landasan pacu dibutuhkan data kecepatan dan arah angin. Kedua komponen tersebut berguna untuk mendapatkan cakupan angin yang mendukung landasan pacu pada suatu orientasi. Setiap harinya arah dan kecepatan angin berubah, dengan adanya perubahan arah dan kecepatan angin tersebut dapat mempengaruhi orientasi landasan pacu yang sudah ada. Dalam penelitian ini akan mengevaluasi apakah orientasi landasan pacu Bandara Internasional Yogyakarta (YIA) yang sudah ada masih sesuai dengan kondisi saat ini dengan menggunakan persyaratan dari FAA dalam AC 150/5300-3 CHG 6 Appendix 1 tahun 2005. Penelitian ini menggunakan data dari Stasiun YIA (2019-2021), Stasiun Klimatologi Sleman (2017-2021) dan Stasiun Geofisika Sleman (2016-2021). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah perhitungan manual yaitu menggunakan windrose diagram dari FAA dan perhitungan dengan bantuan software WindRose PRO. Dilakukan pula perhitungan komponen crosswind yang terjadi dengan menggunakan diagram vektor angin dari FAA. Diharapkan setelah adanya evaluasi arah landasan pacu ini dapat berguna untuk meningkatkan keselamatan penerbangan di Bandara Internasional Yogyakarta (YIA). Dari hasil analisis yang dilakukan menggunakan dua metode didapatkan hasil bahwa orientasi yang ada saat ini masih sesuai dengan kondisi angin yang ada saat ini. Jumlah cakupan angin yang terjadi masih lebih besaran dari persyaratan dari FAA dalam AC 150/5300-3 CHG 6 Appendix 1 yaitu 95% dan crosswind yang terjadi masih aman untuk pesawat beroperasi di Bandara Internasional Yogyakarta. Dari perhitungan yang dilakukan terdapat perbedaan hasil yang terjadi yaitu diantara 0-2,9%.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bandara, Landasan Pacu, Windrose, WindRose PRO, Crosswind |
Subjects: | Civil Engineering > Transportation |
Divisions: | Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil |
Depositing User: | Editor 5 uajy |
Date Deposited: | 22 Nov 2022 11:11 |
Last Modified: | 22 Nov 2022 11:11 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/28017 |
Actions (login required)
View Item |