IDENTIFIKASI DAERAH RAWAN KECELAKAAN PADA RUAS JALAN DR. SAMiRATULANGI KOTA JAYAPURA

Huby, Carolus Wojitilla (2021) IDENTIFIKASI DAERAH RAWAN KECELAKAAN PADA RUAS JALAN DR. SAMiRATULANGI KOTA JAYAPURA. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Carolus Wojitilla Huby)
160216693_Bab 0.pdf

Download (630kB) | Preview
[img]
Preview
Text
160216693_Bab 1.pdf

Download (329kB) | Preview
[img]
Preview
Text
160216693_Bab 2.pdf

Download (224kB) | Preview
[img] Text
160216693_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (441kB)
[img] Text
160216693_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (156kB)
[img] Text
160216693_Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
160216693_Bab 6.pdf

Download (217kB) | Preview

Abstract

Laju pertumbuhan jumlah penduduk dengan jumlah kepemilikan kendaraan yang terus meningkat setiap[tahunnya yang sangat sulit dibatasi. Hal ini membuat kepadatan arus lalu lintas pada jam-jam sibuk, konflik yang ditimbulkan bukan hanya kemacetan lalu lintas saja, kecelakaan lalu lintas pun bisa terjadi, hal ini terjadi karena disebabkan oleh beberapa faktor yaitu, pengemudi, kendaraan, jalan dan lingkungan. Oleh karena itu bukan hanya dengan meningkatan dalam hal manajemen lalu lintas saja melainkan pengetahuan maupun perilaku cara berkendara yang baik dan benar dari pengemudi tersebut. Pengambilan data dilakukan menjadi dua bagian yaitu primer dan sekunder, pengambilan data primer yaitu dengan langsung melakukan pengamatan di lapangan terhadap fasilitas pelengkap jalan dengan kondisi jalan dan juga melakukan dokumentasi. Sedangkan untuk data sekunder yaitu menggunakan data kecelakaan dari Kepolisian Resor Jayapura Kota dari tahun 2016-2019 dan juga data ruas jalan dari Bina Marga, kemudian dari data kecelakaan tersebut diolah untuk menentukan lokasi rawan kecelakaan lalu lintas dengan metode frekuensi kecelakaan dan pembobotan angka ekivalen kecelakaan yang melampaui nilai batasldengan menggunakan metode Batas Kontrol Atas (BKA)kdan Upper Control Limit (UCL). Setelah dianalisis didapatkan 11 lokasi yang diidentifikasi sebagai daerah rawan kecelakaan, setelah itu dari 11 lokasi tersebut difokuskan lagi menjadi 5 lokasi yang dipilih berdasarkan frekuensi kecelakaan yang terjadi secara beruntun disetiap tahun sejak 2016-2019, yang didapatkan yaitu pada STA 1+200 - 1+400, STA 1+600 - 1+800, STA 2+800 - 3+000, STA 0+800 - 1+000 dan STA 1+000 - 1+200. Penyebab kecelakaan lalu lintas paling tinggi disebabkan oleh faktor manusia, dimana pengendara memacu kendaraan dengan kecepatan tinggi dan kurang hati-hati disertai dengan mengkonsumsi minuman keras. Selain faktor manusia, kondisi jalan dan fasilitas pelengkap jalan juga mengambil bagian dengan presentase yang sangat kecil.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kecelakaan lalu lintas, Blackspot, Kecepatan
Subjects: Sipil > Transportasi
Sipil > Transportasi
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 08 Dec 2022 12:15
Last Modified: 08 Dec 2022 12:15
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/28154

Actions (login required)

View Item View Item