PESAN NOSTALGIA MARKETING DALAM KONTEN INSTAGRAM JRNY COFFEE AND RECODRS (Studi Deskriptif Kualitatif Pada Followers JRNY Coffee and Records)

PUTRI, FELICIA RATRIANA (2022) PESAN NOSTALGIA MARKETING DALAM KONTEN INSTAGRAM JRNY COFFEE AND RECODRS (Studi Deskriptif Kualitatif Pada Followers JRNY Coffee and Records). S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (FELICIA RATRIANA PUTRI)
180906775 0.pdf

Download (819kB) | Preview
[img]
Preview
Text
180906775 1.pdf

Download (994kB) | Preview
[img]
Preview
Text
180906775 2.pdf

Download (384kB) | Preview
[img] Text
180906775 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
180906775 4.pdf

Download (396kB) | Preview

Abstract

Nostalgia menjadi salah satu konsep yang memiliki daya tarik emosional atau emotion appeal untuk mempengaruhi emosi atau perasaan khalayak. Adapun nostalgia menjadi suatu trend di berbagai bidang industri, dengan membawa suatu objek atau kultur di masa lalu yang dipopulerkan kembali di era sekarang. Oleh karena itu, nostalgia banyak digunakan sebagai positioning perusahaan di berbagai bidang, salah satunya adalah restoran dan cafe atau coffee shop. Yogyakarta sebagai kota dengan jumlah cafe yang terus meningkat, terdapat beberapa cafe yang menggunakan nostalgia marketing sebagai daya tariknya. Dari beberapa cafe tersebut, JRNY Coffee and Records menjadi salah satu cafe atau coffee shop yang menggunakan nostalgia yang berbeda. JRNY Coffee and Records tidak hanya menunjukkan nostalgia melalui ambience tempat namun mengarah pada nostalgia dunia musik masa lalu. Konsep tersebut dapat dilihat melalui konten-konten Instagram JRNY Coffee and Records yang banyak menyisipkan unsur musik masa lalu. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan pesan nostalgia marketing dalam konten Instagram JRNY Coffee and Records yang diterima followersnya. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara dan studi dokumen. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa JRNY Coffee and Records memiliki positioning sebagai coffee shop dengan unsur nostalgia musik melalui konten Instagramnya. Pesan nostalgia dalam konten tersebut terbentuk melalui kode pesan berupa bahasa, warna, font, dan musik. Hal tersebut memicu followers untuk bernostalgia dengan didorong aspek sosial, indra, dan ingatan akan suatu peristiwa. Kemudian, nostalgia yang terjadi bersumber dari personal nostalgia sekaligus cultural nostalgia dan virtual nostalgia. Adapun dampak yang ditimbulkan melalui konten nostalgia adalah likes, keinginan untuk datang, menyebarluaskan konten, dan loyalitas untuk mengikuti akun Instagram JRNY Coffee and Records.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Nostalgia Marketing, Pesan, Komunikasi Pemasaran
Subjects: Komunikasi > Advertising
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor 6 uajy
Date Deposited: 31 Jan 2023 12:56
Last Modified: 31 Jan 2023 12:56
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/28329

Actions (login required)

View Item View Item