Design of Gamification Mixed with VR for Arduino Learning: Indonesian Case Study

Tjipto, Agung Rahadyan (2022) Design of Gamification Mixed with VR for Arduino Learning: Indonesian Case Study. S2 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Agung Rahadyan Tjipto)
215311456_Bab 0.pdf

Download (850kB) | Preview
[img]
Preview
Text
215311456_Bab 1.pdf

Download (643kB) | Preview
[img]
Preview
Text
215311456_Bab 2.pdf

Download (647kB) | Preview
[img]
Preview
Text
215311456_Bab 3.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
215311456_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (897kB)
[img] Text
215311456_Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
215311456_Bab 6.pdf

Download (753kB) | Preview

Abstract

Arduino merupakan microcontroller yang digunakan untuk mempelajari sistem embedded bagi mahasiswa teknik elektro dan teknik mesin. Selain sistem embedded, Arduino juga digunakan untuk mempelajari konsep Internet of Things dan Robotika. Pembelajaran tentang Arduino selama ini hanya menggunakan pendekatan konvensional dan membuat peserta pembelajaran merasa bosan. Oleh karena itu, inovasi pembelajaran Arduino dibutuhkan agar proses pembelajaran menjadi lebih menyenangkan. Pembelajaran yang menarik membuat peserta pembelajaran semakin ingin untuk mempelajarinya lebih dalam. Metode yang dapat diterapkan untuk inovasi pembelajarannya adalah menggunakan metode Gamifikasi dan Virtual Reality (VR). Penggunaan Gamifikasi dan VR dikarenakan banyak penelitian yang mendapatkan hasil penerapan kedua metode ini membuat peserta pembelajaran lebih tertarik untuk belajar. Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan gamifikasi dan VR untuk pembelajaran Arduino. Game yang dibuat memiliki konsep escape room yang terdiri dari 7 ruangan. Game yang dirancang berisi materi dan pertanyaan yang berkaitan dengan example basic dalam Arduino. Untuk mengukur pengalaman bermain game dalam game ini digunakan GAMEX kepada 27 responden. Skala GAMEX digunakan sebagai skala untuk mengukur pengalaman dalam bermain

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Arduino, Gamifikasi, Virtual Reality, Escape room, GAMEX
Subjects: Magister Teknik Informatika > Inovation of Computational Science
Divisions: Pasca Sarjana > Magister Teknik Informatika
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 02 Feb 2023 13:42
Last Modified: 02 Feb 2023 13:56
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/28354

Actions (login required)

View Item View Item