EVALUASI KUALITAS APLIKASI TRAVELOKA XPERIENCE DENGAN STANDAR ISO 25010

Padawangi, Thomas Quincy (2022) EVALUASI KUALITAS APLIKASI TRAVELOKA XPERIENCE DENGAN STANDAR ISO 25010. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Thomas Quincy Padawangi)
181709819_Bab 0.pdf

Download (360kB) | Preview
[img]
Preview
Text
181709819_Bab 1.pdf

Download (252kB) | Preview
[img]
Preview
Text
181709819_Bab 2.pdf

Download (398kB) | Preview
[img] Text
181709819_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (300kB)
[img] Text
181709819_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (610kB)
[img]
Preview
Text
181709819_Bab 5.pdf

Download (235kB) | Preview

Abstract

Traveloka Xperience merupakan sub aplikasi yang tersedia pada superapp, Traveloka yang menyediakan layanan pemesanan tiket untuk hiburan dan gaya hidup. Traveloka Xperience telah diluncurkan sejak 20 Juni 2019 menggantikan produk Attraction & Activities yang sebelumnya telah tersedia. Aplikasi ini berkembang sangat pesat dengan menambahkan berbagai produk seperti pemesanan tiket bioskop, konser, tur, olahraga, kecantikan, dan layanan kesehatan. Dengan banyaknya produk yang tersedia pada aplikasi, maka perlu dilakukan evaluasi untuk mendapatkan masukan dari pengguna dan untuk mengurangi adanya celah pada aplikasi yang dapat mengganggu pengguna. Dalam melakukan evaluasi dengan menggunakan standar ISO 25010 Quality Models, aplikasi diuji melalui 2 dimensi kualitas, yaitu kualitas aplikasi dan kualitas penggunaan. Metode yang digunakan dalam menguji aplikasi untuk mendapatkan kualitas aplikasi antara lain black box testing, stress dan load testing. Pengumpulan data untuk kualitas penggunaan dilakukan dengan menggunakan kuesioner yang dibuat dengan mengadaptasi dari USE Questionnaire dengan teknik stratified sampling untuk mendapatkan responden berdasarkan wilayah domisili yang berada di Indonesia. Hasil penelitian ini dalam bentuk nilai kualitas aplikasi dan kualitas penggunaan untuk setiap karakteristik. Nilai kualitas aplikasi berada pada angka 89,56% sedangkan nilai kualitas penggunaan aplikasi adalah 92,95%. Hal ini menunjukkan aplikasi dapat digunakan dengan baik oleh para pengguna tingkat akhir (end user). Namun, aplikasi dapat dilakukan pengembangan pada tampilan web dengan memberikan rekomendasi tiket dan penambahan metode pembayaran dengan menggunakan dompet digital agar masyarakat dapat lebih mudah dalam melakukan pembayaran.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: ISO 25010 Quality Models, black box testing, USE Questionnaire, Traveloka Xperience
Subjects: Sistem Informasi
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Sistem Informasi
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 13 Feb 2023 11:30
Last Modified: 13 Feb 2023 11:30
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/28417

Actions (login required)

View Item View Item