PENYELESAIAN PEMBATALAN SERTIPIKAT HAK ATAS TANAH BERDASARKAN PELAKSANAAN PUTUSAN PENGADILAN YANG TELAH MEMPUNYAI KEKUATAN HUKUM TETAP (Studi Kasus di Kantor Pertanahan Kabupaten Klaten)

Permatasari, Angela Merici Intan (2023) PENYELESAIAN PEMBATALAN SERTIPIKAT HAK ATAS TANAH BERDASARKAN PELAKSANAAN PUTUSAN PENGADILAN YANG TELAH MEMPUNYAI KEKUATAN HUKUM TETAP (Studi Kasus di Kantor Pertanahan Kabupaten Klaten). S2 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Angela Merici Intan Permatasari)
205203243_Bab 0.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
205203243_Bab 1.pdf

Download (236kB) | Preview
[img]
Preview
Text
205203243_Bab 2.pdf

Download (265kB) | Preview
[img] Text
205203243_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (925kB)
[img]
Preview
Text
205203243_Bab 4.pdf

Download (225kB) | Preview

Abstract

Untuk mencapai jaminan kepastian hukum dan perlindungan hukum hak atas tanah, maka diberikan sertipikat hak atas tanah sebagai bukti kepemilikan seseorang atas suatu tanah beserta bangunannya. Sertipikat merupakan alat bukti yang kuat, namun tidak mutlak, artinya kapan saja dapat digugat oleh pihak lain melalui peradilan, selama dapat dibuktikan sebaliknya data fisik dan data yuridis yang tercantum di dalamnya harus diterima sebagai data yang benar. Pembatalan sertipikat ini terjadi karena adanya cacat hukum administrasi dalam penerbitannya, atau melaksanakan putusan pengadilan yang telah mempunyai kekuatan hukum tetap. Pembatalan ini bertujuan untuk memberikan kepastian hukum akan penguasaan, pemilikan, penggunaan dan pemanfaatan tanah di Indonesia. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menganalisis penyelesaian yuridis terhadap pelaksanaan pembatalan sertipikat hak atas tanah berdasarkan pelaksanaan putusan pengadilan yang telah mempunyai kekuatan hukum tetap serta mengkaji dan menganalisis kendala-kendala dan solusi dalam melaksanakan putusan pengadilan yang telah mempunyai kekuatan hukum tetap. Jenis penelitian ini adalah penelitian hukum empiris. Lokasi penelitian dilakukan di Kantor Pertanahan Kabupaten Klaten. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu purposive sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah studi kepustakaan dan wawancara. Hasil dari penelitian ini yaitu pelaksanaan pembatalan sertipikat yang telah mempunyai kekuatan hukum tetap dilaksanakan sesuai dengan peraturan yang saat itu berlaku. Ada beberapa kendala baik dari pemohon langsung maupun dari pihak Kantor Pertanahan Kabupaten Klaten.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: sertipikat, pembatalan sertipikat, kekuatan hukum tetap
Subjects: Magister Ilmu Hukum > Hukum Pengelolaan Sumber Daya Alam
Divisions: Pasca Sarjana > Magister Ilmu Hukum
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 17 Feb 2023 10:43
Last Modified: 17 Feb 2023 10:43
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/28454

Actions (login required)

View Item View Item