ANALISIS USER EXPERIENCE PADA LEAGUE OF LEGENDS WILD RIFT MENGGUNAKAN METODE GAME EXPERIENCE QUESTIONNAIRE

Wicaksono, Prasetyo Bagas (2023) ANALISIS USER EXPERIENCE PADA LEAGUE OF LEGENDS WILD RIFT MENGGUNAKAN METODE GAME EXPERIENCE QUESTIONNAIRE. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Prasetyo Bagas Wicaksono)
181709823_Bab 0.pdf

Download (320kB) | Preview
[img]
Preview
Text
181709823_Bab 1.pdf

Download (436kB) | Preview
[img]
Preview
Text
181709823_Bab 2.pdf

Download (431kB) | Preview
[img] Text
181709823_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (396kB)
[img] Text
181709823_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
181709823_Bab 5.pdf

Download (237kB) | Preview

Abstract

League of Legends Wild Rift merupakan game online action MOBA yang dirilis di smartphone oleh Riot Games pada bulan Oktober 2020. League of Legends Wild Rift mendapatkan banyak pengunduh dalam waktu satu bulan setelah perilisannya. Hal tersebut menunjukkan bahwa League of Legends Wild Rift mampu menarik ketertarikan para pemainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas game League of Legends Wild Rift dengan berfokus pada pengalaman bermain atau user experience pemain. Metode yang digunakan adalah metode Game Experience Questionnaire yang telah dirancang khusus untuk menilai pengalaman pemain dalam bermain game. Pengumpulan data dilakukan menggunakan teknik purposive sampling dengan menyebarkan kuesioner secara online, sehingga didapatkan responden sebanyak 100 responden dari seluruh Indonesia. Hasil penelitian ini dalam bentuk identifikasi pengalaman pemain selama bermain League of Legends Wild Rift berdasarkan 14 komponen yang ada di dalam Game Experience Quetionnaire. Berdasarkan hasil pengolahan data komponen yang mendapatkan nilai tertinggi adalah komponen immersion, competence, positive affect, empathy,dan behavioral involvement. Maka, faktor atau komponen yang paling mempengaruhi pengalaman pemain dalam bermain League of Legends Wild Rift adalah komponen immersion, competence, positive affect, empathy,dan behavioral involvement.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Game Experience Questionnaire, user experience, League of Legends Wild Rift
Subjects: Sistem Informasi
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Sistem Informasi
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 02 Mar 2023 11:03
Last Modified: 02 Mar 2023 11:03
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/28624

Actions (login required)

View Item View Item