DESAIN GAMIFIKASI UNTUK APLIKASI MOBILE WISATA CANDI

Wagiu, Yurri Rolly (2023) DESAIN GAMIFIKASI UNTUK APLIKASI MOBILE WISATA CANDI. S2 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Yurri Rolly Wagiu)
185302887_Bab 0.pdf

Download (334kB) | Preview
[img]
Preview
Text
185302887_Bab 1.pdf

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text
185302887_Bab 2.pdf

Download (210kB) | Preview
[img] Text
185302887_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (192kB)
[img] Text
185302887_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (132kB)
[img] Text
185302887_Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
185302887_Bab 6.pdf

Download (285kB) | Preview

Abstract

Sektor pariwisata di Indonesia merupakan suatu dasar untuk memperkenalkan dan mempromosikan kekayaan serta keindahan alam bangsa Indonesia. minat destinasi wisata di Indonesia di bentuk menjadi 3 pola yaitu alam, budaya, dan buatan manusia. Dimana wisata budaya memiliki presentasi terbesar diantara alam dan buatan manusia, dengan sector pendukungnya dari wisata warisan budaya dan sejarah. Candi merupakan bangunan sejarah yang memiliki sejarah panjang yang menarik untuk di pelajari. Akan tetapi banyak wisatawan yang datang hanya untuk mengabadikan momen tanpa mempelajari sejarah dari candi yang dikunjungi. Oleh karena itu penelitian ini menawarkan pembuatan desain aplikasi mobile pariwisata khususnya wisata sejarah dengan menggunakan metode gamifikasi agar wisatawan yang datang tidak hanya mengabadikan moment melainkan juga mempelajari sejarah dari candi�candi tersebut. Hasil dari penelitian ini menunjukkan rentana nilai interval dengan skor rata-rata 84,8% berada dalam kategori Sangat (setuju / Baik / Suka), yang menunjukkan bahwa desain prototype aplikasi mobile yang diusulkan sesuai dengan harapan dimana dapat membantu para wisatawan untuk mendapatkan informasi tentang sejarah candi secara efektif, dengan elemen gamifikasi yang digunakan pada penelitian ini antara lain points, levels, challenges, rewards dan feedback.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Pariwisata, Gamifikasi, Desain aplikas
Subjects: Magister Teknik Informatika > Mobile Computing
Divisions: Pasca Sarjana > Magister Teknik Informatika
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 02 Mar 2023 11:57
Last Modified: 02 Mar 2023 11:57
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/28630

Actions (login required)

View Item View Item