PENGARUH GAYA HIDUP DAN PHYSICAL ENVIRONMENT TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN STARBUCKS COFFEE AMBARRUKMO PLAZA YOGYAKARTA

NUGROHO, TARA KEZIA (2023) PENGARUH GAYA HIDUP DAN PHYSICAL ENVIRONMENT TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN STARBUCKS COFFEE AMBARRUKMO PLAZA YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (TARA KEZIA NUGROHO)
181006810 0.pdf

Download (419kB) | Preview
[img]
Preview
Text
181006810 1.pdf

Download (281kB) | Preview
[img] Text
181006810 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (549kB)
[img] Text
181006810 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (533kB)
[img]
Preview
Text
181006810 4.pdf

Download (892kB) | Preview

Abstract

Kopi selama ini dikenal sebagai salah satu minuman yang sangat digemari di seluruh dunia. Dengan kepopulerannya, coffee shop hadir sebagai tempat yang menyediakan produk kopi dan menjadi salah satu bisnis yang berkembang beberapa tahun belakangan ini yang dibuktikan dengan banyaknya berbagai macam coffee shops baru di Indonesia. Kegiatan mengkonsumsi minuman kopi sudah menjadi hal yang lumrah dilakukan oleh masyarakat setiap harinya sehingga secara tidak langsung telah menjadi suatu kegiatan yang dilakukan berulang kali dan menjadi lifestyle, khususnya bagi para pecinta kopi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah gaya hidup dan physical environment memiliki pengaruh terhadap loyalita pelanggan di Starbucks Coffee Ambarrukmo Plaza Yogyakarta. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode asosiatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan insidental sampling dengan total 100 responden. Metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi, penyebaran kuesioner, dan dokumentasi. Cara analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, dan uji Hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan bahwa gaya hidup (X1) berpengaruh secara signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Terdapat dua dimensi gaya hidup yang dibahas dalam penelitian ini, yaitu hedonis dan utilitarian. Hasil menunjukkan gaya hidup hedonis yang lebih berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan sesuai dengan hasil dari uji parsial dimana gaya hidup hedonis memiliki nilai sig. 0,000 < 0,05 dan nilai t 22,169 > 1,988 yang berarti gaya hidup yang hedonis berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan (Y). Kemudian physical environment (X2) berpengaruh secara signifikan terhadap loyalitas pelanggan yang ditunjukkan dalam hasil uji parsial variabel physical environment memiliki nilai sig. sebesar 0,002 < 0,05 dan nilai t 2,452 > 1,988 yang berarti physical environment berpengaruh secara signifikan terhadap loyalitas pelanggan (Y). Secara bersama-sama (simultan) gaya hidup dan physical environment berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan, ditunjukkan dalam hasil uji simultan dimana nilai Fhitung sebesar 639,033 yang berarti lebih besar dari nilai Ftabel dengan nilai 3,09. Dari hasil tersebut maka 639,033 > 3,09 yang dapat diartikan bahwa variabel gaya hidup dan physical environment secara simultan berpengaruh signifikan terhadap variabel loyalitas pelanggan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Gaya Hidup, Physical Environment, Loyalitas Pelanggan
Subjects: Sosiologi > Business
Divisions: Fakultas ISIP > Sosiologi
Depositing User: Editor 6 uajy
Date Deposited: 03 Mar 2023 14:34
Last Modified: 03 Mar 2023 14:34
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/28667

Actions (login required)

View Item View Item