DEFINISI ATAU KARAKTER “INSTAGRAMABLE” PADA RUANG KAMAR HOTEL DAN KESESUAIANNYA DENGAN PREFERENSI GENERASI MILENIAL DALAM MEMILIH PENGINAPAN STUDI KASUS: KOTA YOGYAKARTA

Putra, Gustian Yudistira (2023) DEFINISI ATAU KARAKTER “INSTAGRAMABLE” PADA RUANG KAMAR HOTEL DAN KESESUAIANNYA DENGAN PREFERENSI GENERASI MILENIAL DALAM MEMILIH PENGINAPAN STUDI KASUS: KOTA YOGYAKARTA. S2 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Gustian Yudistira Putra)
185402942_Bab 0.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
185402942_Bab 1.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
185402942_Bab 2.pdf

Download (16MB) | Preview
[img] Text
185402942_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
185402942_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
185402942_Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11MB)
[img]
Preview
Text
185402942_Bab 6.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Perkembangan teknologi informasi terutama media sosial memberikan dampak pada pemasaran hotel, terutama pemasaran secara online. Di masa pandemi covid-19 seperti saat ini, persaingan antar hotel untuk mendapatkan pengunjung semakin susah. Diferensiasi dibutuhkan agar hotel dapat bertahan dimasa pandemi. Interior kamar hotel dapat menjadi objek diferensiasi yang dapat dipakai untuk mendapatkan pengunjung. Generasi milenial merupakan generasi yang tumbuh bersama perkembangan teknologi informasi dan penggunaan media sosial. Instagram merupakan salah satu media sosial yang digunakan generasi ini, istilah instagramable muncul untuk mendefinisikan suatu tempat yang menarik untuk dikunjungi dan dibagikan di media sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor dan elemen pembentuk ruang kamar yang instagramable, agar pelaku bisnis perhotelan dapat bersaing dan mengembangkan hotel sesuai preferensi generasi milenial. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan metode studi kepustakaan dan analisis deskriptif. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini adalah ditemukannya beberapa faktor-faktor yang mempengaruhi preferensi generasi milenial, yang diperkuat dengan terdapatnya elemen-elemen ruang dalam yang mempengaruhi kesan instagramable. Faktor-faktor yang mempengaruhi preferensi generasi milenial tersebut antar lain: suasana yang diciptakan kamar yang instagramable, adanya spot foto berupa objek maupun view, warna yang menyatu dan memiliki tema, furnitur yang rapi dan mempertimbangkan sirkulasi, keunikan ruang yang simpel dan memiliki kenyamanan visual.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: interior kamar, generasi milenial, preferensi, instagramable.
Subjects: Magister Teknik Arsitektur > Digital Arsitektur
Divisions: Pasca Sarjana > Magister Teknik Arsitektur
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 16 Mar 2023 09:23
Last Modified: 16 Mar 2023 09:23
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/28693

Actions (login required)

View Item View Item