TUGAS AKHIR PERANCANGAN INFRASTRUKTUR (STUDI KASUS : ANALISIS KEPADATAN KENDARAAN DI JALAN PLERET, KECAMATAN BANGUNTAPAN, KABUPATEN BANTUL, DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA)

Korowa, Johan Barry Michael (2021) TUGAS AKHIR PERANCANGAN INFRASTRUKTUR (STUDI KASUS : ANALISIS KEPADATAN KENDARAAN DI JALAN PLERET, KECAMATAN BANGUNTAPAN, KABUPATEN BANTUL, DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA). S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Johan Barry Michael Korowa)
150216041_Bab 0.pdf

Download (903kB) | Preview
[img]
Preview
Text
150216041_Bab 1.pdf

Download (660kB) | Preview
[img] Text
150216041_Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (887kB)
[img]
Preview
Text
150216041_Bab 3.pdf

Download (567kB) | Preview

Abstract

Dalam membangun infrastruktur yang sesuai dengan standar harus ada perencanaan dan perancangan serta perhitungan yang tepat, sehingga mendapatkan hasil bangunan yang baik. Laporan Tugas Akhir ini memuat rangkuman dari 4 praktik yang telah di tempuh sebelumnya. Keempat praktik itu adalah Praktik Perancangan Bangunan Gedung, Praktik Perancangan Jalan, Praktik Perancangan Bangunan Air, Praktik Perencanaan Biaya dan Waktu. Pada Praktik Perancangan Bangunan Gedung, melakukan perancangan bangunan 4 lantai di Yogyakarta. Dalam melakukan perancangan bangunan gedung, peraturan yang dipakai adalah peraturan pembebanan menggunakan beban minimum untuk perancangan bangunan gedung dan struktur lain SNI 1727:3013. Pada Praktik Perancangan Jalan, peraturan yang dipakai adalah Manual Kapasitas Jalan Indonesia(MKJI) untuk menghitung volume lalu lintas dan kecepatan kendaraan. Pada Praktik Perancangan Bangunan Air, melakukan perencanaan struktur bendung. Metode yang digunakan adalah Metode Poligon Thiessen. Uji sebaran data yang mana meliputi Uji Chi Kuadrat dan Uji Smirnov�Kolmogrov, Distribusi Log Person III dan Metode Weduwen. Pada Praktik Perancangan Biaya dan Waktu, merencanakan estimasi biaya dan waktu dari proyek pembangunan rumah tinggal Sleman, di minta merencanakan ulang proyek pembangunna rumah tinggal Sleman di Papua. Dari hasil perancangan bangunan gedung didapatkan perencanaan bangunan dari atap hingga pondasi. Seperti profil yang pada gording (dead load dan live load) = C150x50x20x3 , kuda-kuda rangka baja = 2L50x50x5, jenis sambungan baut = 12 mm, penulangan balok BT2 dan BT3(300X600), BS2 dan BS3 (300X300), BR(200X350),BAT(200X500),BAS(200X350), kolom K1(400X400), K2(400X500), hingga pondasi tengah ukuran (2,5x2,5), pondasi samping ukuran (2x2) Hasil dari survey dan analisis praktik perancangan jalan berupa, volume lalu lintas, kecepatan kendaraan, dan pejalan kaki. Volume jam puncak tertinggi arah selatan ke utara terjadi pada pukul 16.10-17.10 WIB sebesar 1160,6 smp/jam, dan arah utara ke selatan terjadi pada pukul 07.15-08.15 WIB sebesar 1324,8 smp/jam, kecepatan pejalan kaki dari arah selatan ke utara terjadi pada pukul 11.30-11.45 per 15 menit sebesar 30,21 smp/jam, dan volume jam puncak pejalan kaki arah utara ke selatan terjadi pada pukul 07.15-07.30 per 15 menit sebesar 14,070 smp/jam. Pada praktik perancangan bangunan air di dapatkan hasil untuk Bendung Tritorejo adalah tipe bendung tetap (badan bedung dari beton), tipe puncak bendung bulat, tipe kolam olak USBR tipe III, jumlah pintu pembilas 2 buah dengan jumlah 2 pilar buah perencanaan bendung aman erencanaan biaya dan waktu, biaya yang di butuhkan untuk membangun proyek pembangunan rumah tinggal Sleman di Papua lebih besar dibanding dengan pembangunan di Sleman. Jumlah perbandingan biaya sebesar Rp 2.035.341.000,00

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: perancangan, bangunan, struktur, jalan, bendung.
Subjects: Sipil > Transportasi
Sipil > Transportasi
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 18 Apr 2023 13:22
Last Modified: 18 Apr 2023 13:22
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/28853

Actions (login required)

View Item View Item