Sidharta, . (2009) PUSAT MODIFIKASI OTOMOTIF BMW DI YOGYAKARTA. S1 thesis, UAJY.
|
Text (Halaman Judul)
0TA10736.pdf Download (488kB) | Preview |
|
|
Text (Bab I)
1TA10736.pdf Download (936kB) | Preview |
|
|
Text (Bab II)
2TA10736.pdf Download (992kB) | Preview |
|
Text (Bab III)
3TA10736.pdf Restricted to Registered users only Download (939kB) |
||
|
Text (Bab IV)
4TA10736.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Tingkat populasi kendaraan BMW di Yogyakarta cukup tinggi, dengan berbagai macam variannya, sehingga berdampak pada semakin berkembangnya komunitas pehobi, penggemar dan pecinta modifikasi BMW. Berbagai kegiatan perkumpulan penggemar otomotif dan acara kontes modifikasi berskala nasional maupun internasional di Yogyakarta sering menggunakan mobil BMW sebagai media modifikasi. Namun Yogyakarta belum memiliki tempat yang sanggup untuk melakukan modifikasi khususnya untuk otomotif BMW, dalam satu tempat secara terpadu, mulai dari audio, body kit, interior kendaraan, sampai servis dan modifikasi mesin. Dengan demikian pengerjaan modifikasi dapat menjadi lebih efisien, karena tidak berpindah-pindah tempat setelah selesai mengerjakan satu bagian servis dan modifikasi, dan memiliki satu konsep yang utuh dalam memberikan hasil modifikasi yang memuaskan. Hal tersebut merupakan potensi yang bagus untuk didirikannya Pusat Modifikasi Otomotif BMW di Yogyakarta. Pusat modifikasi otomotif BMW yang direncanakan diharapkan dapat mengakomodir kebutuhan masyarakat yang ingin melakukan perawatan, perbaikan, dan memodifikasi otomotif BMW baik skala kecil maupun besar dalam satu lokasi yang nyaman dan terpadu sehingga lebih efisien dalam segala hal baik waktu maupun materi. Hal ini sesuai dengan simbolik logo BMW yang memiliki lingkaran sempurna dengan warna hitam pada lingkaran luar, dan warna biru dan putih pada bagian pusat. Dalam logo ini terkandung : kekokohan, pusat, batas yang tegas pada lingkaran luar, kemudian warna biru dan putih pada lingkaran dalam dikomposisikan dengan sumbu yang tegas. Warna biru dan putih pada lingkaran pusat memperlihatkan adanya keseimbangan. Dengan simbolik logo BMW diharapkan bangunan yang akan direncanakan dapat memperlihatkan adanya kekokohan bangunan, pusat bangunan sebagai kegiatan utama yaitu kegiatan modifikasi secara terpadu dengan tetap memunculkan adanya sumbu bangunan yang tegas. Dengan kata lain, Pusat modifikasi otomotif BMW ini secara arsitektural dan visual mampu mempresentasikan citra arsitekturnya sebagai sebuah bangunan yang memberikan fasilitas servis dan modifikasi kendaraan dengan mengusung slogan “one stop modification” untuk otomotif BMW di Yogyakarta yang sesuai dengan konsep simbolik logo BMW. Dalam penulisan ini, digunakan cara kerja penalaran deduktif untuk analisis penerapan simbolik BMW, yaitu: melakukan studi literatur dan pengumpulan data, baik data primer maupun sekunder, kemudian melakukan analisa data dan menginterpretasi hasil analisa dalam wujud konsep perancangan yang dilakukan untuk memperdalam permasalahan yang ada sehingga didapatkan rumusan bagi alternatif pemecahan masalah. Sedangkan untuk menjawab karakter sebagai bangunan komersial menggunakan metode komparasi, yaitu dengan membandingkan beberapa proyek sejenis yang sudah ada.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | modifikasi, BMW, logo |
Subjects: | Arsitektur > Teknologi Arsitektural Penelitian Dosen > Arsitektur > Teknologi Arsitektural |
Divisions: | Pasca Sarjana > Magister Teknik Arsitektur |
Depositing User: | Editor UAJY |
Date Deposited: | 10 Jul 2013 11:05 |
Last Modified: | 10 Jul 2013 11:05 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/2928 |
Actions (login required)
View Item |