PENGGUNAAN ADITIF LIMBAH PLASTIK PADA CAMPURAN STONE MATRIX ASPHALT (SMA) DENGAN SERAT SELULOSA ALAMI

Widyaningrum, Fransisca Sekar Ayu (2020) PENGGUNAAN ADITIF LIMBAH PLASTIK PADA CAMPURAN STONE MATRIX ASPHALT (SMA) DENGAN SERAT SELULOSA ALAMI. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Fransisca Sekar Ayu Widyaningrum)
160216345_Bab 0.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
160216345_Bab 1.pdf

Download (786kB) | Preview
[img]
Preview
Text
160216345_Bab 2.pdf

Download (786kB) | Preview
[img] Text
160216345_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
160216345_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (716kB)
[img] Text
160216345_Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
160216345_Bab 6.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pemerintah sedang menggencarkan pembangunan infrastruktur, salah satunya jalan raya untuk mendukung pengembangan ekonomi dan kemudahan aksebilitas tiap daerah. Jalan raya di Indonesia banyak mengalami kerusakan sehingga menghambat mobilitas, selain itu berbahaya karena dapat menyebabkan kecalakaan saat berkendara. Penyebab kerusakan jalan salah satunya disebabkan oleh beban angkutan yang berlebih (overload). Stone Matrix Asphalt (SMA) diharapkan mampu mengatasi masalah lapis permukaan jalan, terutama yang berlalu lintas berat. Pembuatan benda uji dibuat dengan membentuk campuran aspal, agregat, wood pellet, dan limbah plastik jenis PE sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan. Penelitian ini menggunakan lima variasi kadar aspal panas Pen. 60/70 yaitu 5,5%, 6%, 6,5%, 7%, dan 7,5% terhadap berat total campuran, dengan setiap kadar aspal dicampurkan dengan agregat, serat selulosa (wood pellet) 0,3% terhadap berat total campuran, bahan pengisi (filler) menggunakan portland cement 1% dan serbuk batu bata 5%, kemudian setelah di dapat kadar aspal optimum dicampurkan dengan tiga variasi kadar limbah plastik PE yaitu 4%, 5%, dan 6% terhadap berat aspal sebagai bahan tambah (aditif). Pembanding yang digunakan dalam penelitian ini adalah benda uji dengan kadar limbah plastik PE 0% pada kadar aspal optimum. Dari hasil pengujian, diperoleh kadar aspal optimum yang diperoleh yakni 6,5%, dengan nilai density sebesar 2,301 gr/cc, VIM sebesar 4,47%, VMA sebesar 17,33%, nilai VFB sebesar 74,20%, stabilitas sebesar 1.055 kg, flow sebesar 3,37 mm, dan MQ sebesar 313,33 kg/mm. Kadar plastik optimum yang diperoleh yakni 5%, dengan nilai density sebesar 2,301 gr/cc, VIM sebesar 4,45%, VMA sebesar 17,31%, VFB sebesar 74,29%, stabilitas sebesar 1.457 kg, flow sebesar 3,27 mm, dan MQ sebesar 446,14 kg/mm. Stabilitas campuran SMA yang menggunakan bahan tambah sebesar 1.457 kg. Nilai tersebut lebih tinggi dibandingkan dengan campuran SMA tanpa bahan tambah sebesar 1.055 kg

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: : Stone Matrix Asphalt(SMA), Limbah Plastik, WoodPellet, Marshall Test
Subjects: Sipil > Transportasi
Sipil > Transportasi
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 14 Jul 2023 19:25
Last Modified: 14 Jul 2023 19:32
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/29329

Actions (login required)

View Item View Item