Mpuhaji, Made Devendracana Andarawata (2023) PEMBUATAN GAME VISUAL NOVEL MENGENAI PASAR DIGITAL MENGGUNAKAN ENGINE REN’PY. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.
|
Text (Made Devendracana Andarawata Mpuhaji)
180709911_Bab 0.pdf Download (869kB) | Preview |
|
|
Text
180709911_Bab 1.pdf Download (547kB) | Preview |
|
|
Text
180709911_Bab 2.pdf Download (514kB) | Preview |
|
Text
180709911_Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (612kB) |
||
Text
180709911_Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text
180709911_Bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
||
|
Text
180709911_Bab 6.pdf Download (540kB) | Preview |
Abstract
Seiring dengan berkembangnya teknologi, mulai bermunculan beragam teknik- teknik pemasaran digital yang berperan penting dalam mengembangkan bisnis. Memiliki pengetahuan yang tinggi mengenai teknik-teknik pemasaran pada media digital yang baru ini membuka beragam peluang meningkatkan kinerja masyarakat. Akan tetapi, masih banyak orang yang kurang berminat dalam mempelajari teknik- teknik tersebut secara spontan. Sehingga diperlukan media pembelajaran menarik yang dapat membantu mendalami pengetahuan pemainnya. Berdasarkan uraian di atas, penelitian ini dilakukan untuk mengembangkan game bergenre visual novel untuk membantu menyampaikan materi pemasaran digital tersebut. Game yang bergenre visual novel, merupakan kumpulan ilustrasi dan teks script yang digabung untuk membuat media edukasi bagi pemain. Game visual novel yang dibuat oleh penulis adalah “Cybermerchant”. Untuk membuat ilustrasi, penulis menggunakan paint tool SAI untuk menggambar ilustrasi tersebut. Untuk bahasa pemrograman game, penulis menggunakan engine Ren’py yang merupakan ekstensi dari python untuk mengatur script dan menentukan jalan cerita beserta aksi-aksi yang terjadi di dalamnya. Berdasarkan pengujian melalui survei yang disebarkan ke 39 responden, kedua poin tujuan dari penelitian ini telah berhasil tercapai. Poin tujuan pertama yaitu efektivitas game visual novel dalam menyampaikan materi memperoleh respons 43.6% “setuju” dan 38.5% “sangat setuju”. Poin tujuan kedua yaitu ketertarikan genre game sebagai media edukasi juga memperoleh hasil positif dengan respons 51.3% “setuju” dan 35.9% “sangat setuju”.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Ren’py, game, pemasaran digital, visual novel |
Subjects: | Teknik Informatika > Soft Computing |
Divisions: | Fakultas Teknologi Industri > Teknik Informatika |
Depositing User: | Editor 3 uajy |
Date Deposited: | 19 Sep 2023 17:13 |
Last Modified: | 19 Sep 2023 17:13 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/29958 |
Actions (login required)
View Item |