BONGGA, JUMIRTO DWI (2009) BANDAR UDARA INTERNASIONAL DI YOGYAKARTA. S1 thesis, UAJY.
|
Text (Halaman Judul)
0TA12303.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text (Bab I)
1TA12303.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text (Bab II)
2TA12303.pdf Download (4MB) | Preview |
|
Text (Bab III)
3TA12303.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
||
Text (Bab IV)
4TA12303.pdf Restricted to Registered users only Download (10MB) |
||
|
Text (Bab V)
5TA12303.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
Yogyakarta sebagai kota pariwisata sekaligus kota perdagangan membutuhkan wadah pendukung di bidang transportasi, khususnya transportasi udara agar dapat memberikan pelayanan lebih efektif, efisien, lancar, dan praktis kepada masyarakat. Dari pertimbangan tersebut maka dibutuhkan perancangan Terminal Bandar Udara Internasional di Yogyakarta yang diharapkan dapat menggantikan Bandar Udara Adisucipto yang diprediksikan ke depan tidak akan mampu untuk menampung jumlah kebutuhan masyarakat yang semakin tinggi setiap tahunnya. Sebuah bandar udara yang memiliki intensitas penggunaan yang tinggi, maka perancangan Terminal Bandar Udara Internasional yang direncanakan diupayakan untuk dapat menekan percepatan suatu penggunaan bandar udara yang praktis. Dalam perancangan untuk mengupayakan penekanan tingkat kebutuhan masyarakat yang tinggi akibat semakin tingginya mobilitas agar dapat menjadi lebih efektif dan efisien, maka dilakukan dengan membuat suatu rancangan berdasarkan pendekatan time minutes service. Hasil yang diharapkan dari prancangan Terminal Bandar Udara Internasional di Yogyakarta adalah dapat mempercepat proses awal kedatangan hingga di lepas landas. Konsep dasar perancangan melalui pendekatan time minutes service dilakukan dengan menganalisis tingkat kebutuhan masyarakat akan pentingnya waktu dikaitkan dengan potensi perancangan suatu terminal yang praktis agar nantinya dapat dicapai sebuah perancangan yang optimal. Berdasarkan hal tersebut maka konsep dasar yang dikembangkan adalah pengaturan bentuk, skala, warna, tekstur, material, proporsi, tata massa, sirkulasi, struktur, dan utilitas yang nantinya diterapkan pada aspek efektif dan efisien. Dengan pengotimalan tersebut diharapkan terciptanya Terminal Bandar Udara Internasional di Yogyakarta yang mencapai mobilitas yang optimal.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Mobilitas yang Efektif dan Efisien dengan Parameter Ter- Arah, Presisi, Waktu, dan Tenaga |
Subjects: | Arsitektur > Lingkungan Kawasan Penelitian Dosen > Arsitektur > Lingkungan Kawasan |
Divisions: | Fakultas Teknik > Program Studi Arsitektur |
Depositing User: | Editor UAJY |
Date Deposited: | 12 Jul 2013 10:48 |
Last Modified: | 12 Jul 2013 10:48 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/2997 |
Actions (login required)
View Item |