IMPLEMENTASI PENGUJIAN ALPHA DAN BETA PADA APLIKASI GAMELAN VIRTUAL REALITY

Menora, Tasya (2023) IMPLEMENTASI PENGUJIAN ALPHA DAN BETA PADA APLIKASI GAMELAN VIRTUAL REALITY. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Tasya Menora)
190710405_ Bab 0.pdf

Download (373kB) | Preview
[img]
Preview
Text
190710405_ Bab 1.pdf

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text
190710405_ Bab 2.pdf

Download (187kB) | Preview
[img] Text
190710405_ Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (302kB)
[img] Text
190710405_ Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (217kB)
[img] Text
190710405_ Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (733kB)
[img]
Preview
Text
190710405_ Bab 6.pdf

Download (264kB) | Preview

Abstract

Gamelan merupakan salah satu bentuk warisan budaya negara Indonesia yang saat ini masih belum banyak dikenal oleh generasi muda. Hal ini dikarenakan oleh kelangkaan dari gamelan, harganya yang mahal, dan kurangnya minat generasi muda untuk mempelajari gamelan itu sendiri. Kehadiran aplikasi Gamelan Virtual Reality dianggap sebagai solusi dari permasalahan yang ada pada gamelan tersebut. Aplikasi ini diharapkan mampu dijadikan sebagai alternatif lain permainan gamelan yang bersifat lebih ekonomis dan mudah diakses kapan pun dan dimana pun oleh penggunanya. Sebelum aplikasi ini disebarluaskan dan diakses oleh penggunanya, maka aplikasi Gamelan Virtual Reality haruslah bebas dari kesalahan. Hal ini dilakukan agar dapat terhindar dari kemungkinan terjadinya penambahan biaya perbaikan pada aplikasi tersebut. Oleh karena itu, sangat penting untuk melakukan pengujian untuk menemukan kesalahan dan mencari tahu pendapat pengguna terhadap aplikasi Gamelan Virtual Reality sebelum disebarluaskan kepada calon penggunanya. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka terdapat dua tujuan penelitian ini dilakukan. Tujuan pertama adalah menemukan kesalahan pada aplikasi Gamelan Virtual Reality. Proses pencarian atau penemuan kesalahan pada aplikasi Gamelan Virtual Reality ini dilakukan menggunakan metode pengujian alpha dengan teknik pengujian black box. Secara umum, pengujian alpha dilakukan dengan membandingkan output hasil pengujian dengan output aplikasi yang diharapkan. Selain itu, tujuan kedua penelitian ini dilakukan adalah untuk mengukur tingkat penerimaan pengguna pada aplikasi Gamelan Virtual Reality dengan menggunakan metode pengujian beta. Adapun responden yang berpartisipasi dalam pengujian beta ini adalah mahasiswa Universitas Atma Jaya Yogyakarta yang dipilih berdasarkan teknik convenience sampling. Para responden tersebut ditugaskan untuk memberikan umpan balik setelah melakukan pengujian aplikasi. Umpan balik dari responden ini digunakan untuk menghitung indeks penerimaan pengguna dan mengukur tingkat penerimaan pengguna terhadap aplikasi Gamelan Virtual Reality. Penelitian yang dilakukan untuk menemukan kesalahan pada aplikasi Gamelan Virtual Reality menghasilkan sebuah kesimpulan bahwa tidak ditemukan masalah pada fungsionalitas aplikasi Gamelan Virtual Reality. Hasil pengujian kelompok fungsionalitas sebelum masuk mode permainan dan kelompok fungsionalitas setelah masuk mode permainan mode free maupun study menunjukan bahwa output pengujian telah sesuai dengan output permainan aplikasi Gamelan Virtual Reality yang diharapkan. Penelitian ini juga menghasilkan sebuah kesimpulan bahwa secara keseluruhan responden sangat menerima aplikasi Gamelan Virtual Reality. Berdasarkan hasil analisis tingkat penerimaan dari 33 responden terhadap 11 pertanyaan yang diajukan, 10 pertanyaan menghasilkan nilai indeks penerimaan di atas 80%. Hal ini berarti bahwa tingkat penerimaan responden pada 10 pertanyaan tersebut ada pada kategori “sangat diterima”. Kemudian 1 pertanyaan menghasilkan nilai indeks penerimaan sebesar 77,5%, yang berarti bahwa tingkat penerimaan responden pada pertanyaan ini ada pada kategori diterima

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pengujian alpha, pengujian beta, Gamelan Virtual Reality, black box testing
Subjects: Teknik Informatika > Soft Computing
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Informatika
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 03 Oct 2023 18:48
Last Modified: 03 Oct 2023 18:48
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/30093

Actions (login required)

View Item View Item