USULAN PERBAIKAN KUALITAS PELAYANAN PADA BENGKEL FERLINDO ENGINEERING

GELGEL, MADE ALBERTUS KRESNA (2023) USULAN PERBAIKAN KUALITAS PELAYANAN PADA BENGKEL FERLINDO ENGINEERING. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img] Text (MADE ALBERTUS KRESNA GELGEL)
18 06 09635 0.pdf

Download (679kB)
[img] Text
18 06 09635 1.pdf

Download (231kB)
[img]
Preview
Text
18 06 09635 2.pdf

Download (294kB) | Preview
[img] Text
18 06 09635 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (417kB)
[img] Text
18 06 09635 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
18 06 09635 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (531kB)
[img] Text
18 06 09635 6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (498kB)
[img] Text
18 06 09635 7.pdf
Restricted to Registered users only

Download (827kB)
[img]
Preview
Text
18 06 09635 8.pdf

Download (350kB) | Preview

Abstract

Usaha bengkel menjadi bidang usaha yang memiliki persaingan tinggi sehingga reputasi kepuasan konsumen menjadi salah satu alternatif untuk bersaing. Bengkel Ferlindo Engineering Ford (Ferlindo), adalah jasa perbaikan mesin kakikaki khusus mobil Ford dengan menggunakan suku cadang resmi Ford. Berdasarkan observasi, ditemukan ada dua jenis pelayanan yaitu perbaikan ringan dan berat. Permasalahan pada Bengkel Ferlindo berupa kualitas pelayanan bengkel masih kurang karena adanya keluhan dari pelanggan yang menyebabkan penilaian google review masih kurang dibandingkan dengan kompetitor sehingga berpotensi kalah bersaing dengan kompetitor lainnya. Metode penelitian ini menggunakan, metode Service Quality untuk menentukan nilai GAP antara persepsi dan harapan konsumen dalam menentukan dampak relatif dari lima dimensi pada persepsi konsumen. Kemudian, peneliti menggunakan metode Importance-Performance Analysis, Fishbone Diagram, dan Simple Additive Weighting (SAW). Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan observasi. Hasil Analisis dan Pembahasan penelitian mengungkapkan bahwa pengolahan data berdasarkan Importance Performance Analysis ada atribut yang harus diperbaiki dengan didasari faktor yakni mesin, metode kerja, manusia, bahan baku, lingkungan, dan informasi. Hasil dari perhitungan metode Serqual dan metode IPA ditentukan 4 atribut yang bermasalah. Kemudian, peneliti menyarankan lima usulan sebagai solusi terhadap masalah yang dihadapi terkait pembuatan SOP bisnis Bengkel Ferlindo Engineering, pemeriksaan pada gudang yang harus dilakukan, penambahan karyawan untuk efisiensi pekerjaan, penambahan perkakas, dan mengadakan pelatihan untuk karyawan dalam meningkatkan pengetahuan, keterampilan, serta pengalaman.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kepuasan Konsumen, Kualitas Layanan, Serqual, Importance Performance Analysis, bengkel mobil.
Subjects: Teknik Industri > Industri
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Editor 2 uajy
Date Deposited: 03 Oct 2023 20:21
Last Modified: 03 Oct 2023 20:21
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/30101

Actions (login required)

View Item View Item