ANALISIS USABILITY PADA APLIKASI METAVERSE GAMELAN SARON MENGGUNAKAN METODE SYSTEM USABILITY SCALE DAN USABILITY TESTING

Pangestu, Ardhika Wida (2023) ANALISIS USABILITY PADA APLIKASI METAVERSE GAMELAN SARON MENGGUNAKAN METODE SYSTEM USABILITY SCALE DAN USABILITY TESTING. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Ardhika Wida Pangestu)
190710448_ Bab 0.pdf

Download (531kB) | Preview
[img]
Preview
Text
190710448_ Bab 1.pdf

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
190710448_ Bab 2.pdf

Download (238kB) | Preview
[img] Text
190710448_ Bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (234kB)
[img] Text
190710448_ Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (475kB)
[img] Text
190710448_ Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (742kB)
[img]
Preview
Text
190710448_ Bab 6.pdf

Download (181kB) | Preview

Abstract

Gamelan adalah salah satu alat musik tradisional di Indonesia. Gamelan juga merupakan salah satu budaya yang harus dilestarikan. Generasi-generasi saat ini sudah jarang memainkan gamelan. Hal itu disebabkan karena harga gamelan yang sangat mahal, bahan-bahan pembuatannya sulit untuk ditemukan, dan membutuhkan tempat bermain yang cukup luas. Untuk melestarikan gamelan, salah satu caranya adalah menggabungkan gamelan dengan teknologi yang berkembang saat ini. Teknologi yang sedang tren saat ini adalah virtual reality atau metaverse. Virtual Reality atau Metaverse merupakan simulasi tiga dimensi tempat pengguna akan berinteraksi dengan cara yang terlihat nyata. Virtual reality sering digunakan untuk permainan dalam bentuk tiga dimensi. Gamelan bisa menjadi sesuatu yang menarik dalam permainan metaverse. Aplikasi yang dikembangkan pada penelitian ini adalah aplikasi Metaverse Gamelan Saron. Sebelum didistribusikan ke masyarakat luas, aplikasi Metaverse Gamelan Saron perlu diuji terlebih dahulu berdasarkan tingkat usability-nya. Aplikasi Metaverse Gamelan Saron perdana dikembangkan sehingga belum ada yang menguji tingkat usability dan memberikan rekomendasi perbaikan terhadap aplikasi Metaverse Gamelan Saron sehingga diperlukan uji usability untuk mengetahui tingkat usability aplikasi Metaverse Gamelan Saron dan memperoleh rekomendasi perbaikan Penelitian ini dibuat dengan tujuan untuk mengetahui tingkat usability aplikasi Metaverse Gamelan Saron dan memberikan rekomendasi perbaikan terhadap aplikasi Metaverse Gamelan Saron sehingga pengguna mudah dalam menggunakan aplikasi. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode campuran dengan pengambilan sampling menggunakan convenience sampling. Seluruh data pada penelitian ini diperoleh dari kuisioner system usability scale yang disebarkan ke partisipan, usability testing, dan wawancara dengan partisipan. Data yang telah diperoleh kemudian diolah menggunakan metode system usability scale dan usability testing sesuai dengan pengujian yang dilakukan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pada indikator learnability, aplikasi Metaverse Gamelan Saron memperoleh persentase sebesar 90% yang berarti berdasarkan pengalaman pengguna, aplikasi Metaverse Gamelan Saron mudah dalam penggunaannya. Kemudian pada indikator efficiency, aplikasi Metaverse Gamelan Saron memperoleh nilai sebesar 0,0109644556 goal/sec di mana waktu tersebut 1,2 kali lebih lama dari peneliti yang memperoleh nilai sebesar 0,0131578947 goal/sec. Hal itu berarti masih dikategorikan wajar dan tidak membuat pengguna kebingungan di mana pengguna dapat menyelesaikan tugas dengan efisien. Pada indikator error, aplikasi Metaverse Gamelan Saron memperoleh nilai kesalahan sebesar 0,028 di mana hasil tersebut menunjukkan bahwa tingkat error dari aplikasi Metaverse Gamelan Saron masih tergolong kecil. Berdasarkan skor SUS, aplikasi Metaverse Gamelan Saron memperoleh skor SUS sebesar 76,18055556 yang memiliki rating Good, termasuk dalam kategori mudah diterima pengguna (acceptable), dan memperoleh Grade B yang menandakan bahwa indikator satisfaction atau kepuasan pengguna terhadap aplikasi Metaverse Gamelan Saron dapat dikatakan cukup puas pada saat menggunakan aplikasi. Terdapat beberapa rekomendasi perbaikan dalam penelitian ini, yaitu melengkapi fitur dari aplikasi Metaverse Gamelan Saron seperti fitur menahan bilah “pathet”, menambah ornamen-ornamen jawa, dan mengurangi sustain suara dari gamelan saron.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: virtual reality, usability, Metaverse Gamelan Saron, system usability scale, usability testing,
Subjects: Teknik Informatika > Soft Computing
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Informatika
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 05 Oct 2023 15:17
Last Modified: 05 Oct 2023 15:17
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/30120

Actions (login required)

View Item View Item