PENGGUNAAN METODE THINK-ALOUD UNTUK ANALISIS USABILITY PADA APLIKASI PEMBELAJARAN VIRTUAL REALITY METAGAMELAN PEKING

Astari, Patricia Meta Pudya (2023) PENGGUNAAN METODE THINK-ALOUD UNTUK ANALISIS USABILITY PADA APLIKASI PEMBELAJARAN VIRTUAL REALITY METAGAMELAN PEKING. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Patricia Meta Pudya Astari)
190710432_Bab 0.pdf

Download (334kB) | Preview
[img]
Preview
Text
190710432_Bab 1.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text
190710432_Bab 2.pdf

Download (183kB) | Preview
[img] Text
190710432_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (209kB)
[img] Text
190710432_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (235kB)
[img] Text
190710432_Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (722kB)
[img]
Preview
Text
190710432_Bab 6.pdf

Download (575kB) | Preview

Abstract

Cepatnya perkembangan teknologi mempengaruhi kehidupan masyarakat, salah satunya pada bidang Pendidikan. Salah satu media pembelajaran digital yang dapat digunakan adalah virtual reality. Virtual reality adalah sebuah teknologi yang digunakan untuk membuat pengguna dapat berinteraksi dengan lingkungan melalui dunia virtual. Dengan hal tersebut, dikembangkan sebuah aplikasi penunjang pembelajaran gamelan berbasis Android bernama VR Metagamelan Peking. Peking merupakan salah satu jenis instrumen gamelan terbuat dari perunggu yang berbentuk bilah persegi panjang. Dalam pengembangannya, aplikasi ini perlu mengetahui pendapat dari sisi pengguna terhadap kinerja dan kegunaan aplikasi tersebut. Oleh karena itu, digunakanlah metode Think-aloud untuk membantu dalam proses analisis usability pada aplikasi VR Metagamelan Peking. Metode Think-aloud adalah metode yang digunakan dengan cara mengungkapkan apa yang dirasakan dan dipikirkan pengguna secara langsung ketika menggunakan aplikasi tersebut. Dalam proses penelitian melibatkan lima orang responden dari berbagai latar belakang Pendidikan dan pengalaman yang berbeda. Responden tersebut diminta untuk mengerjakan beberapa task scenario yang diperintahkan. Selama pengerjaan task scenario, responden diminta menyampaikan pemikiran mereka terkait aplikasi yang sedang mereka coba. Hasil penelitian ini kemudian dianalisis dan hasilnya berupa rekomendasi perbaikan aplikasi VR Metagamelan Peking selanjutnya. Beberapa rekomendasinya, seperti perbaikan tampilan antarmuka aplikasi, dan penambahan beberapa fitur.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran, virtual reality, usability, think-aloud, instrument gamelan Peking.
Subjects: Teknik Informatika > Soft Computing
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Informatika
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 05 Oct 2023 19:51
Last Modified: 05 Oct 2023 19:51
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/30126

Actions (login required)

View Item View Item