Fabiansyah, Tessar (2023) STRATEGI PROMOSI DI UMKM KONVEKSI STRONGER MANUFACTURE. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.
|
Text (Tessar Fabiansyah)
190610470_Bab 0.pdf Download (501kB) | Preview |
|
|
Text
190610470_Bab 1.pdf Download (265kB) | Preview |
|
|
Text
190610470_Bab 2.pdf Download (279kB) | Preview |
|
Text
190610470_Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (357kB) |
||
Text
190610470_Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (265kB) |
||
Text
190610470_Bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (670kB) |
||
Text
190610470_Bab 6.pdf Restricted to Registered users only Download (559kB) |
||
|
Text
190610470_Bab 7.pdf Download (485kB) | Preview |
Abstract
UMKM Konveksi Stronger Manufacture merupakan usaha yang memproduksi kaos, jaket, korsa, sweater, jersey, dan lain-lain. Produk utamanya adalah kaos. Permasalahan utama yang terjadi adalah penurunan penjualan selama enam bulan terakhir di mana penurunan penjualan yang terjadi sebesar 18%. Dari hasil penjualan dilakukan perhitungan menggunakan analisis Matriks BCG (Boston Consulting Group) yang menghasilkan diagram mark question, penyebab akar masalahnya yaitu diperlukan informasi kepada konsumen. Selanjutnya dengan menggunakan analisis PLC (Product Life Cycle), masalah yang diutamakan untuk diselesaikan adalah Promosi. Berdasarkan penggalian masalah yang didapat dari diskusi dengan pemilik, diperoleh alternatif solusi yaitu memperbaiki faktor pada bauran pemasaran (produk,promosi,harga,tempat). Setelah dilakukan berbagai analisis dan diskusi dengan pemilik, solusi memperbaiki faktor Promosi yang terpilih. Promosi dilakukan dengan merancang strategi promosi menggunakan media sosial. Selanjutnya usulan akan dirancang dan diimplementasikan. Perancangan strategi promosi menggunakan brainstorming dengan pemilik dari penyusunan kalender konten untuk dilakukan implementasi. Implementasi dilakukan selama satu minggu pada tanggal 3 – 8 Juli 2023 pada Instagram UMKM Konveksi Stronger Manufacture. Selanjutnya hasil implementasi menunjukkan kenaikan engagement Instagram, terjadi peningkatan engagement sebesar 2.338% dibandingkan sebelum implementasi.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Matriks BCG, PLC, Penurunan Penjualan, Strategi Promosi, Bauran Pemasaran |
Subjects: | Teknik Industri > Produksi |
Divisions: | Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri |
Depositing User: | Editor 2 uajy |
Date Deposited: | 13 Oct 2023 17:56 |
Last Modified: | 23 Oct 2023 17:29 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/30197 |
Actions (login required)
View Item |