ANALISIS KINERJA SIMPANG TIGA JALAN SLAMET RIYADI PERTIGAAN PAROKA SURAKARTA

S, TUNGGUL WAHYU (2009) ANALISIS KINERJA SIMPANG TIGA JALAN SLAMET RIYADI PERTIGAAN PAROKA SURAKARTA. S1 thesis, UAJY.

[img]
Preview
Text (Halaman Judul)
0TS10262.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
1TS10262.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab II)
2TS10262.pdf

Download (52kB) | Preview
[img] Text (Bab III)
3TS10262.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text (Bab IV)
4TS10262.pdf
Restricted to Registered users only

Download (94kB)
[img] Text (Bab V)
5TS10262.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text (Bab VI)
6TS10262.pdf

Download (129kB) | Preview

Abstract

Simpang tiga Paroka Jalan Slamet Riyadi Surakarta merupakan salah satu ruas jalan yang cukup padat dan sering terjadi konflik di daerah simpang seperti terjadinya panjang antrian yang melewati halte, peningkatan arus lalu lintas dan derajat kejenuhan pada jam-jam sibuk serta kurang tertibnya angkutan umum dalam menaikkan atau menurunkan penumpang yang dapat menimbulkan tundaan lalulintas. Kondisi seperti ini dapat dilihat pada simpang tiga Paroka yang setiap harinya dilewati oleh berbagai macam jenis kendaraan. Penelitian dilakukan selama 3 hari yaitu hari Sabtu, 21 Maret 2009, Minggu, 22 Maret 2009, dan Senin, 23 Maret 2009. Waktu pengamatan yang dipakai dalam penelitian ini pada pagi pukul 06.15-08.15 WIB, siang pukul 12.30-14.30 WIB, sore pukul 15.30-17.30 WIB. Data yang diambil di lapangan meliputi volume arus lalulintas, waktu siklus lampu, data geometrik jalan, dan dari pihak yang terkait data yang diambil adalah data jumlah penduduk Data yang diperoleh di lapangan kemudian dianalisis dengan menggunakan Metoda MKJI 1997. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan pada kondisi eksisting diperoleh nilai DS pendekat utara, timur-ST, timur-RT, barat lebih dari 0,75 dan NS = 1,02, yang melampaui angka aman yang disarankan MKJI 1997. Untuk mengatasi hal tersebut dilakukan 3 (tiga) alternatif penyelesaian. Alternatif I dengan melakukan perubahan desain geometrik simpang yaitu menambah lebar We pada pendekat barat sebesar 1,5 meter, timur 1 meter dan menambah lebar We pada pendekat utara sebesar 0,5 meter, alternatuf II dengan perlakuan jalan satu arah pada pendekat utara dengan memindahkan arus lalulintas dari jalan Prof.DR.Soeharso ke jalan Ahmad Yani, dan yang terakhir alternatif III yaitu larangan berbelok ke kanan pada pendekat timur dan mengalihkan kendaraan ke lengan barat dengan memasang U-TURN. Dari ke-tiga alternatif yang ada dan yang dipandang baik untuk diterapkan pada kondisi simpang tiga Paroka adalah dengan diberikan alternatif I yang memiliki DS < 0,75 dan NS < 1 yang memenuhi syarat MKJI 1997.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: simpang, panjang antrian, tundaan, kapasitas dan derajat kejenuhan
Subjects: Sipil > Transportasi
Sipil > Transportasi
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 15 Jul 2013 10:25
Last Modified: 15 Jul 2013 10:25
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/3033

Actions (login required)

View Item View Item