SUTEJA, I GUSTI NGURAH GEDE (2009) PERENCANAAN JEMBATAN JALAN “BY PASS” PROF. Dr. Ir. IDA BAGUS MANTRA, GIANYAR, BALI. S1 thesis, UAJY.
|
Text (Halaman Judul)
0TS11553.pdf Download (347kB) | Preview |
|
|
Text (Bab I)
1TS11553.pdf Download (209kB) | Preview |
|
|
Text (Bab II)
2TS11553.pdf Download (2MB) | Preview |
|
Text (Bab III)
3TS11553.pdf Restricted to Registered users only Download (433kB) |
||
Text (Bab IV)
4TS11553.pdf Restricted to Registered users only Download (51kB) |
||
Text (Bab V)
5TS11553.pdf Restricted to Registered users only Download (497kB) |
||
Text (Bab VI)
6TS11553.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
|
Text (Bab VII)
7TS11553.pdf Download (80kB) | Preview |
Abstract
Jalan By Pass Prof. Dr. Ir. Ida Bagus Mantra sepanjang 23 km dari Kota Denpasar yang menghubungkan Gianyar-Klungkung, memiliki arus lalulintas kendaraan yang cukup ramai, terutama jenis kendaraan berat berupa truk pengangkut pasir dan batu yang mau mengambil pasir atau batu di wilayah Klungkung dan Karang Asem untuk dibawa menuju ke wilayah Gianyar, Denpasar atau wilayah Bali bagian Selatan lainnya. Ini membuat di sepanjang Jalan By Pass Prof. Dr. Ir. Ida Bagus Mantra banyak terjadi kerusakan dan memberikan beban yang cukup berat pada bangunan jembatan. Sehingga dalam perencanaan jembatan ini harus direncanakan mampu menahan beban maksimum kendaraan yang melewati ruas Jalan By Pass Prof. Dr. Ir. Ida Bagus Mantra. Dalam mendesain suatu struktur tidak hanya menuntut kemampuan dalam menghitung, namun juga memperhatikan aspek kekuatan dan keamanannya. Peraturan Perencanaan Struktur Beton Untuk Jembatan (Final RSNI4 2004) dan Tata Cara Perencanaan Ketahanan Gempa Untuk Jembatan Jalan Raya SNI 03- 2833-1992, digunakan sebagai acuan perencanaan dalam menyusun Tugas Akhir ini. Jembatan yang dirancang merupakan jembatan beton prategang (prestressed concrete bridge). Jembatan yang dirancang memiliki panjang bentang total sepanjang 62 meter, yang terletak pada wilayah gempa 4. Perencanaan struktur jembatan tersebut meliputi perencanaan pelat, tiang sandaran, gelagar, abutment, pilar, dan fondasi. Sedang beban yang dianalisis sesuai dengan Pedoman perencanaan Pembebanan Jembatan Jalan Raya. Dari perencanaan diperoleh berbagai variasi dimensi dan penulangan untuk masing – masing elemen struktur yang dalam analisis telah memenuhi syarat kekuatan dan keamanan struktur. Untuk pelat lantai kendaraan digunakan pelat dengan tebal 200 mm. Untuk gelagar balok beton prategang digunakan 38 buah strands tujuh kawat yang dibagi dalam 2 tendon, jenis kabel prategang seven wire strand, ASTM A-416 grade 270, relaksasi rendah (low relaxation) dengan diameter nominal 12,70 mm. Untuk dimensi tiang sandaran digunakan ukuran panjang 20 cm, lebar 15 cm dan tinggi diatas trotoar 90 cm dengan jarak 2 m. Pada bagian struktur bawah, untuk struktur abutment dan pilar digunakan 2 buah fondasi sumuran berdiameter 2 m dengan kedalaman 3 m
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Jembatan, beton prategang, beban jembatan, tendon, dimens |
Subjects: | Sipil > Transportasi Sipil > Transportasi |
Divisions: | Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil |
Depositing User: | Editor UAJY |
Date Deposited: | 15 Jul 2013 13:27 |
Last Modified: | 15 Jul 2013 13:27 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/3051 |
Actions (login required)
View Item |