Siokain, Risca Bonita (2023) KOMUNIKASI PELAYANAN PUBLIK PEMERINTAH KABUPATEN SUMBA TIMUR MELALUI IMPLEMENTASI SITUS WEB BIDANG LAYANAN E-GOVERNMENT (Studi pada Website sumbatimurkab.go.id). S2 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.
|
Text (Risca Bonita Siokain)
215507790_Bab 0.pdf Download (580kB) | Preview |
|
|
Text
215507790_Bab 1.pdf Download (515kB) | Preview |
|
|
Text
215507790_Bab 2.pdf Download (519kB) | Preview |
|
Text
215507790_Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (630kB) |
||
Text
215507790_Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
|
Text
215507790_Bab 5.pdf Download (511kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini menggunakan teori komunikasi pelayanan publik yang bertujuan un- tuk mengetahui dan menganalisis bagaimana komunikasi pelayanan publik pemerintah kota Sumba Timur melalui implementasi situs web bidang layanan e- government sumbatimurkab.go.id. Subyek dalam penelitian ini yaitu kepala bidang pengelolaan informasi dan komunikasi publik, kepala bidang layanan e-Govern- ment, dan kepala seksi bidang layanan pengadaan secara elektronik/fungsional pranata humas. Adapun obyek penelitian ialah implementasi layanan e-Government melalui situs web sumbatimurkab.go.id. Selain itu, penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan metode studi kasus. Pengum- pulan data dalam penelitian yaitu berupa wawancara mendalam semi terstruktur dengan data sekunder berupa studi dokumen, buku, maupun penelitian terdahulu. Terdapat empat pembahasan utama dalam penelitian ini, yakni 1) komunikasi pub- lik pemerintah Diskominfo kabupaten Sumba Timur, 2) pemerintah Diskominfo ka- bupaten Sumba Timur sebagai penyedia pelayanan publik, 3) pemerintah Diskom- info kabupaten Sumba Timur sebagai penyelenggara komunikasi pelayanan publik, dan 4) implementasi layanan e-Government sumbatimurkab.go.id sebagai akses in- formasi publik. Secara keseluruhan, penelitian ini menyimpulkan bahwa pemerintah Diskominfo kabupaten Sumba Timur telah melaksanakan beberapa upaya untuk merealisasikan pelayanan publik kepada masyarakat diantaranya dengan melakukan media gathering, media sosial, podcast, booklet, membuat sela- yang pandang, serta melakukan bimbingan teknis kepada admin maupun organisasi perangkat daerah kabupaten Sumba Timur. Layanan e-Government melalui situs web sumbatimurkab.go.id juga diakui oleh Diskominfo bahwa kondisi webstie sum- batimurkab.go.id saat ini belum cukup memadai dan layanan digitalisasi di setiap perangkat daerah memang masih kurang, serta menjadi kendala belum masifnya pelayanan publik berbasis digital bagi pelayanan masyarakat. Pemerintah seha- rusnya wajib untuk memprioritaskan pengembangan infrastruktur TIK yang men- dasar seperti jaringan internet yang stabil sehingga dapat membantu masyarakat tertinggal dalam mengakses informasi layanan online. Dengan demikian, melalui berbagai macam bentuk inovasi dalam penyelenggaraan komunikasi pelayanan publik harus terus dilakukan dan bergerak bersama dengan kesiapan infrastruktur dan sumber daya manusia yang menunjang.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Komunikasi pelayanan publik, layanan e-Government, pemerintah Diskominfo, kabupaten Sumba Timur |
Subjects: | Magister Ilmu Komunikasi > Manajemen Media Digital |
Divisions: | Pasca Sarjana > Magister Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Editor 3 uajy |
Date Deposited: | 22 Nov 2023 18:00 |
Last Modified: | 22 Nov 2023 18:00 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/30561 |
Actions (login required)
View Item |