Analisis OVO Bagi Pengguna Lansia Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction

Maesa, Geraldo (2023) Analisis OVO Bagi Pengguna Lansia Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Geraldo Maesa)
191710078_Bab 0.pdf

Download (312kB) | Preview
[img]
Preview
Text
191710078_Bab 1.pdf

Download (547kB) | Preview
[img]
Preview
Text
191710078_Bab 2.pdf

Download (603kB) | Preview
[img] Text
191710078_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (493kB)
[img] Text
191710078_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (606kB)
[img]
Preview
Text
191710078_Bab 5.pdf

Download (502kB) | Preview

Abstract

Teknologi berkembang begitu pesat, hal tersebut menimbulkan dampak terhadap penggunanya terutama di kalangan lansia. Salah satunya dompet elektronik, banyaknya dompet elektronik yang bermunculan di Indonesia salah satunya OVO. Penelitian ini bertujuan untuk menguji permasalahan yang dihadapi oleh pengguna lansia terhadap penggunaan dompet elektronik OVO. End User Computing Satisfaction (EUCS) merupakan pendekatan yang digunakan pada penelitian tersebut untuk menilai tingkat kepuasan pengguna akhir terhadap suatu sistem aplikasi untuk membandingkan antara harapan mereka dan kinerja suatu sistem informasi. Penilaian kepuasan tersebut di lihat dari lima variabel yaitu isi (content), keakuratan (accuracy), bentuk (format), kemudahan penggunaan (ease of use) dan ketepatan waktu (timeliness). Kuesioner yang sudah dibuat kemudian disebarkan kepada responden melalui berbagai media, seperti Email Outlook ke email dosen UAJY dan beberapa fakultas, Whatsapp ke grup keluarga teman kuliah, orang tua teman yang menggunakan OVO, dan Whatsapp story. Selain itu, kuesioner juga disebarkan melalui Line ke beberapa grup fakultas dan prodi, dan terkumpul dengan jumlah data sebesar 100 orang responden. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa Content, Accuracy, dan Format berpengaruh secara negatif dan signifikan terhadap kepuasan pengguna lansia pada aplikasi OVO, yang berarti peningkatan dalam aspek-aspek tersebut mengakibatkan penurunan kepuasan pengguna. Sementara itu, Ease of use dan Timeliness berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kepuasan pengguna lansia pada aplikasi OVO, yang berarti peningkatan dalam aspek-aspek tersebut akan meningkatkan kepuasan pengguna.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kepuasan pengguna, OVO, Lansia, End User Computing Satisfaction
Subjects: Sistem Informasi
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Sistem Informasi
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 19 Feb 2024 18:06
Last Modified: 19 Feb 2024 18:06
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/31087

Actions (login required)

View Item View Item