EVALUASI USER EXPERIENCE PADA APLIKASI LIVIN’ BY MANDIRI MENGGUNAKAN USER EXPERIENCE QUESTIONNAIRE (UEQ)

Aditya, Bonaventura Verrell (2024) EVALUASI USER EXPERIENCE PADA APLIKASI LIVIN’ BY MANDIRI MENGGUNAKAN USER EXPERIENCE QUESTIONNAIRE (UEQ). S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Bonaventura Verrell Aditya)
191710313_Bab 0.pdf

Download (805kB) | Preview
[img]
Preview
Text
191710313_Bab 1.pdf

Download (817kB) | Preview
[img]
Preview
Text
191710313_Bab 2.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
191710313_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (912kB)
[img] Text
191710313_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
191710313_Bab 5.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Livin’ by Mandiri adalah aplikasi mobile banking dari bank Mandiri yang berguna untuk menunjang kegiatan nasabah dalam melakukan transaksi perbankan. Pada tahun 2023, aplikasi ini cukup banyak digunakan dengan jumlah pengguna aktif sekitar 21 juta. Namun, terdapat masalah terkait kebocoran data yang menyebabkan nasabah mengalami kerugian sebesar 50 miliar serta masalah pada nasabah yang tidak bisa mengakses layanan Livin’ by Mandiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas aplikasi Livin’ by Mandiri berdasarkan pengalaman pengguna (user experience) khususnya di Pulau Belitung dengan menggunakan metode User Experience Questionnaire (UEQ). Pengumpulan data dilakukan menggunakan teknik purposive sampling dengan cara menyebarkan kuesioner online yang melibatkan 104 responden dari Pulau Belitung. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa aplikasi Livin’ by Mandiri mendapatkan evaluasi positif untuk seluruh aspek dengan nilai mean attractiveness (1,460), perspicuity (1,070), efficiency (1,457), dependability (1,325), stimulation (1,228), novelty (1,125). Berdasarkan hasil benchmark menggunakan UEQ Data Analysis Tools, Livin’ by Mandiri mendapatkan nilai baik pada aspek novelty, di atas rata-rata pada aspek attractiveness, efficiency, dependability, dan stimulation, sedangkan aspek perspicuity mendapatkan nilai di bawah rata-rata. Oleh karena itu, perlu dilakukan pembaharuan aspek perspicuity pada aplikasi Livin’ by Mandiri

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Livin’ by Mandiri; Mobile Banking; User Experience Questionnaire; User Experience
Subjects: Sistem Informasi
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Sistem Informasi
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 20 Feb 2024 17:19
Last Modified: 20 Feb 2024 17:19
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/31112

Actions (login required)

View Item View Item