Bawekes, Nada Gloria Viallen (2024) EVALUASI EFEKTIVITAS AKTIVITAS PENGENDALIAN KUALITAS PADA HOTEL HORISON DI JAYAPURA. S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.
|
Text (Nada Gloria Viallen Bawekes)
190425243_Bab 0.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
190425243_Bab 1.pdf Download (338kB) | Preview |
|
|
Text
190425243_Bab 2.pdf Download (633kB) | Preview |
|
Text
190425243_Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (872kB) |
||
Text
190425243_Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
|
Text
190425243_Bab 5.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Kualitas produk dan jasa menjadi salah satu faktor kunci dari strategi bersaing perusahaan di tengah lingkungan bisnis saat ini. Menyadari pentingnya kualitas produk dan jasa, perusahaan perlu melakukan berbagai aktivitas kualitas agar dapat meningkatkan kualitas produk yang dihasilkan. Hotel Horison Jayapura masih menghasilkan produk yang kurang berkualitas berupa produk gagal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah aktivitas pengendalian kualitas pada Hotel Horison Jayapura tahun 2022 dan 2023 sudah efektif. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Metode analisis data adalah sebagai berikut: (1) Melakukan identifikasi aktivitas- aktivitas yang berkaitan dengan aktivitas kualitas pada Hotel Horison Jayapura, (2) Melakukan identifikasi biaya-biaya yang berkaitan dengan aktivitas kualitas pada Hotel Horison Jayapura tahun 2021-2023, (3) Menghitung biaya pengendalian kualitas pada Hotel Horison Jayapura tahun 2021-2023, (4) Melakukan analisis efektivitas biaya pengendalian kualitas pada Hotel Horison Jayapura tahun 2021- 2023. Biaya kualitas dikatakan efektif apabila persentase kenaikan biaya pengendalian lebih kecil dibandingkan persentase penurunan biaya kegagalan. Hasil penelitian menunjukan bahwa aktivitas pengendalian kualitas pada Hotel Horison Jayapura tahun 2022 dan 2023 tidak efektif. Pada Tahun 2022, biaya pengendalian naik sebesar 25,52% dan biaya kegagalan naik sebesar 49,65% dikarenakan meningkatnya fasilitas yang rusak dan kembali normalnya harga barang pasca pandemic covid-19 serta naiknya gaji karyawan. Pada tahun 2023 biaya pengendalian turun sebesar 4,93% sedangkan biaya kegagalan masih naik sebesar 6,57% yang dikarenakan adanya beberapa keputusan penghematan biaya hotel.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kualitas, Biaya Kualitas, Efektivitas Aktivitas Pengendalian Kualitas. |
Subjects: | Akuntansi > Akuntansi Manejemen |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Akuntansi |
Depositing User: | Editor 3 uajy |
Date Deposited: | 28 Feb 2024 19:57 |
Last Modified: | 28 Feb 2024 19:57 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/31244 |
Actions (login required)
View Item |