PERANCANGAN JALUR REL KERETA API SIDOARJO – TULANGAN – TARIK

Hipay, Mario Andro and Agustianus, Yehezkiel (2024) PERANCANGAN JALUR REL KERETA API SIDOARJO – TULANGAN – TARIK. S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (Mario Andro Hipay dan Yehezkiel Agustianus)
200218083 200218131_Bab 0.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
200218083 200218131_Bab 1.pdf

Download (379kB) | Preview
[img]
Preview
Text
200218083 200218131_Bab 2.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
200218083 200218131_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (963kB)
[img] Text
200218083 200218131_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (579kB)
[img]
Preview
Text
200218083 200218131_Bab 5.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Perancangan jalan rel kereta api stasiun Sidoarjo – Tulangan – Tarik dilakukan dikarenakan pada KM 295 tahun 2020 RIPNAS jalur Sidoarjo – Tulangan – Tarik merupakan jalur yang disarankan untuk dilakukan reaktivasi dan peningkatan. Dikarenakan jalur rel ini diresmikan pada tahun 1880, dianggap rel kereta telah usang dan diputuskan untuk membuat jalur baru. Perancangan jalur rel diawali dengan merancang 3 alternatif, dan dilakukan pemilihan trase. Pemilihan trase menggunakan pemeringkatan yang berdasarkan bobot dari pendekatan metode Analytic Hierarchy Process (AHP) yang menjadikan trase 2 sebagai trase terpilih. Trase 2 juga dinyatakan layak secara ekonomi dimana nilai NPV positif, BCR >1. Sebelum dilakukan perancangan tanah, trase dibagi menjadi 7 segmen. Analisis daya dukung tanah dengan metode SPT, CPT, Therzagi, dan Mayerhof. Nilai daya dukung tanah pada semua segmen lebih kecil dibandingkan dengan total pembebanan sebesar 43,65 kN/m3, maka tanah dinyatakan aman. Selain itu stabilitas lereng timbunan dinyatakan aman setelah dilakukan perhitungan menggunakan metode Bishop, Janbu, dan Fellenius. Pada perhitungan nilai debit, nilai ini digunakan untuk menentukan jenis tipe U-Ditch yang akan digunakan. Berdasarkan perhitungan nilai debit didapatkan jenis U-Ditch 40x40x120 pada segmen 1 sampai segmen 5. Pada segmen 6 dan segmen 7 didapatkan jenis U-Ditch 40x30x120 untuk segmen 6 dan 30x30x120 untuk segmen 7. Drainase bawah tanah didapat spasi pipa pada segmen 1 sampai 7 bertutut-turut adalah 0,79 m, 1,07 m, 0,95 m, 1,03 m, 1,14 m, 1,47 m, dan 0,97 m.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Perancangan, rel kereta api, daya dukung tanah, U-Ditch
Subjects: Sipil > Transportasi
Sipil > Transportasi
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 06 Mar 2024 16:55
Last Modified: 06 Mar 2024 16:55
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/31361

Actions (login required)

View Item View Item