Lili, Umbu Nggala and Patandianan, Febriyanti Tala and Tarukan, Ludwinia Clarissa (2024) PERENCANAAN JALUR KERETA API MANDAI – BANDAR UDARA SULTAN HASANUDDIN - MAKASSAR. S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.
|
Text (Umbu Nggala Lili, Febriyanti Tala Patandianan dan Ludwinia Clarissa Tarukan)
200218114 200218106 202018085_Bab 0.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
200218114 200218106 202018085_Bab 1.pdf Download (638kB) | Preview |
|
|
Text
200218114 200218106 202018085_Bab 2.pdf Download (543kB) | Preview |
|
Text
200218114 200218106 202018085_Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
||
Text
200218114 200218106 202018085_Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (535kB) |
||
Text
200218114 200218106 202018085_Bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text
200218114 200218106 202018085_Bab 6.pdf Restricted to Registered users only Download (913kB) |
||
|
Text
200218114 200218106 202018085_Bab 7.pdf Download (323kB) | Preview |
Abstract
Perancangan jalur rel merupakan suatu bentuk infrastruktur transportasi yang sangat penting sebagai sarana penghubung antara daerah. Jalur rel ini terdapat pada RIPNAS dan direncanakan untuk dibangun di Kabupaten Maros dengan Stasiun Mandai sebagai titik awal, Stasiun kedua di Bandar Udara Sultan Hasanuddin dan berakhir di Kota Makassar dengan tiga alternatif trase yang berbeda, yaitu alternatif trase 1 dengan jarak 14,4 km, alternatif trase 2 dengan jarak 13,62 km, dan alternatif trase 3 dengan jarak 17 km. Seluruh trase ini akan melewati bandara Sultan Hasanuddin dan berdekatan dengan Universitas Hasanuddin. Tugas akhir ini akan mengkaji perhitungan perencanaan geometri jalan, pembuatan jalur rel, drainase, serta geoteknik. Merancang pembangunan jalan rel menggunakan aplikasi civil 3d. Melakukan perhitungan analisis daya dukung tanah dengan uji CPT dan SPT, menggunakan metode terzaghi dan metode meyerhof. Kemudian dilakukan perhitungan penurunan konsolidasi dan penurunan segera. Perhitungan stabilitas lereng menggunakan metode bishop, spencer dan fellinius. Dinding penahan tanah menggunakan desain kantilever. Merancang saluran drainase permukaan dengan mengumpulkan data curah hujan, dari data tersebut di gunakan metode log pearson tipe III, juga menggunakan metode mononobe untuk menghitung intensitas curah hujan, dengan data intensitas curah hujan dapat dihitung debit banjir untuk menentukan ukuran U-Ditch. Drainase bawah permukaan dengan metode hooghoudt, dinding penahan tanah, menentukan pemilihan jalur trase, menghitung volume galian dan timbunan, beban lalu lintas serta stabilitas lereng. Volume galian dan timbunan pada perencangan infrastruktur jalan bertujuan untuk menghasilkan muka jalan yang baik dan rata. Volume galian dan timbunan pada alternatif trase 1 sebesar 126.948 m3 dan 1.007.321 m3, alternatif trase 2 dengan galian sebesar 1.163.985 m3 dan timbunan 113.081 m3 , sedangkan galian dan timbunan pada alternatif trase 3 yaitu 386.618 m3 dan 347.918 m3. Dimensi u-ditch untuk drainase permukaan mencakup ukuran 0,3 m x 0,4 m, 0,4 m x 0,4 m, 0,4 m x 0,6 m, dan 0,3 m x 0,3 m. Sementara itu, pada drainase bawah permukaan, jarak antar pipa dinyatakan sebesar 1,26 m, dengan pipa memiliki dimensi 15 cm dan total 14 pipa. Pada perhitungan perencangan geoteknik didapatkan nilai resiko geoteknik dapat dikategorikan aman karena memenuhi nilai faktor aman. Melalui penelitian studi pustaka, deskriptif, pengerjaan geometri jalan, diharapkan perancangan infrastruktur jalur rel ini dapat terwujud dengan mempertimbangkan kenyamanan dan resiko dari pembangunan jalan. Memperhatikan kelayakan pekerjaan infrastruktur jalan rel, dapat bermanfaat untuk membantu pembaca mengetahui desain suatu perancangan jalan raya dengan pemanfaatan teknologi dan juga bermanfaat bagi penulis untuk dapat menerapkan ilmu yang telah dipelajari dengan mempertimbangkan kenyamanan serta resiko dari pembangunan jalan.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Perencanaan, Perhitungan, Pembangunan |
Subjects: | Sipil > Geo Teknik Sipil > Geo Teknik Sipil > Hidro Sipil > Hidro Sipil > Transportasi Sipil > Transportasi |
Divisions: | Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil |
Depositing User: | Editor 3 uajy |
Date Deposited: | 06 Mar 2024 18:19 |
Last Modified: | 06 Mar 2024 18:19 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/31367 |
Actions (login required)
View Item |