Manoah, Benaya Ronald and Sollitan, Angeline Pratiwi and Kurniawan, Yulius Chaesario (2024) PERANCANGAN INFRASTRUKTUR JALUR KERETA API BANDAR UDARA INTERNASIONAL I GUSTI NGURAH RAI – DENPASAR BALI. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.
|
Text (Benaya Ronald Manoah, Angeline Pratiwi Sollitan dan Yulius Chaesario Kurniawan)
200218231 200218217 200218267_Bab 0.pdf Download (537kB) | Preview |
|
|
Text
200218231 200218217 200218267_Bab 1.pdf Download (399kB) | Preview |
|
|
Text
200218231 200218217 200218267_Bab 2.pdf Download (459kB) | Preview |
|
Text
200218231 200218217 200218267_Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text
200218231 200218217 200218267_Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text
200218231 200218217 200218267_Bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (468kB) |
||
Text
200218231 200218217 200218267_Bab 6.pdf Restricted to Registered users only Download (10MB) |
Abstract
ii ABSTRAK Laporan ini membahas perancangan infrastruktur jalan rel yang menghubungkan Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai di Denpasar, Bali, dengan kota Denpasar. Tujuan dari perancangan ini adalah untuk memperoleh trase jalan rel kereta api yang terbaik sesuai dengan kelayakan, baik dari sisi ekonomi, sosial budaya, dan kemajuan transportasi. Selain itu, laporan ini juga bertujuan untuk memperoleh hasil analisis volume galian dan timbunan, beban lalu lintas, stabilitas lereng, serta kestabilan dari drainase baik dari permukaan maupun bawah permukaan, guna menjaga kelancaran operasional jalur kereta. Perancangan dilakukan menggunakan Civil 3D dengan acuan Ripnas dan Ripda Provinsi Bali. Dari perancangan ini diperoleh pilihan trase kedua dengan lebar rel 17,04 meter sepanjang 10,14 kilometer dan dengan jalur ganda (double track). Fokus perancangan geoteknik melibatkan metode peninjauan daya dukung tanah dari Cone Penetration Test (CPT) dan Standard Penetration Test (SPT), serta metode Terzaghi. Hasil evaluasi daya dukung tanah menunjukkan nilai sebesar 53,60 kN/m² (segmen 1), 43,04 kN/m² (segmen 2), 46,24 kN/m² (segmen 3), dan 45,58 kN/m² (segmen 4). Pembebanan tinjauan sesuai dengan PM 60 tahun 2012 menunjukkan beban perkerasan sebesar 29,02 kN/m, memastikan bahwa jalur trase ini aman karena daya dukung tanahnya lebih besar dari total pembebanan. Evaluasi stabilitas lereng menggunakan metode Bishop dan Fellinius menghasilkan Faktor Keamanan (FS) sebesar 3,49 dan 3,31 secara berturut-turut, sedangkan model geoslope memberikan hasil 3,454. Jangkauan keamanan stabilitas lereng di atas 1,5, menunjukkan kestabilan lereng yang memadai. Untuk drainase, digunakan SNI 2415:2016 dengan perhitungan debit banjir rencana, yang menghasilkan intensitas hujan 10 tahun sebesar 13.766 mm/jam. Drainase permukaan menggunakan dimensi u-ditch ukuran 0,6x0,8 m untuk segmen 1, segmen 2 ukuran 0,4x0,6 m, dan segmen 3 serta 4 dengan ukuran 0,4x0,4 m dengan tinggi jagaan keseluruhan segmen sebesar 0,2 m, sedangkan drainase bawah permukaan dengan metode Hooghoudt menentukan jarak antar pipa sebesar 1,22 m dan total 14 pipa dengan lebar keseluruhan 17 m. Dengan proses yang ada diperoleh trase jalan rel layak untuk dikerjakan
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | erancangan, kereta api, bali, geoteknik, drainase |
Subjects: | Sipil > Hidro Sipil > Hidro Sipil > Struktur Sipil > Struktur Sipil > Transportasi Sipil > Transportasi |
Divisions: | Pasca Sarjana > Magister Teknik Sipil |
Depositing User: | Editor 3 uajy |
Date Deposited: | 13 Mar 2024 17:32 |
Last Modified: | 13 Mar 2024 17:32 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/31401 |
Actions (login required)
View Item |