LAPORAN TUGAS AKHIR PERANCANGAN INFRASTRUKTUR DARI ASPEK STRUKTUR, KEAIRAN, TRANSPORTASI DAN MANAJEMEN KONSTRUKSI (STUDI KASUS : SURVEI DAN PERANCANGAN PERKERASAN LENTUR PADA JALAN RINGROAD UTARA, SLEMAN, YOGYAKARTA)I

Pradipta, Dominikus Willyardo (2021) LAPORAN TUGAS AKHIR PERANCANGAN INFRASTRUKTUR DARI ASPEK STRUKTUR, KEAIRAN, TRANSPORTASI DAN MANAJEMEN KONSTRUKSI (STUDI KASUS : SURVEI DAN PERANCANGAN PERKERASAN LENTUR PADA JALAN RINGROAD UTARA, SLEMAN, YOGYAKARTA)I. S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (DOMINIKUS WILLYARDO PRADIPTA)
170216702_Bab 0.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
170216702_Bab 1.pdf

Download (462kB) | Preview
[img]
Preview
Text
170216702_Bab 2.pdf

Download (758kB) | Preview
[img] Text
170216702_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (855kB)
[img] Text
170216702_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (856kB)
[img] Text
170216702_Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (751kB)
[img]
Preview
Text
170216702_Bab 6.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Laporan Tugas Akhir Perancangan Infrastruktur II ini ditulis dengan tujuan memenuhi nilai Tugas Akhir pada kurikulum 2021. Laporan ini berisi rangkuman dari setiap praktik perancangan yang telah ditempuh selama menjadi perkuliahan. Praktik perancangan tersebut antara lain Praktik Perancangan Bangunan Gedung, Praktik Perancangan Bangunan Air, Praktik Perancangan Jalan, dan Praktik Perancangan Biaya dan Waktu. Tiap praktik perancangan memiliki metode dalam penyelesaian tiap masalah yang berbeda, hal ini dikarenakan obyek yang diobservasi maupun dirancang pada setiap praktik perancangan yang telah ditempuh juga berbeda alias tidak berkesinambungan. Pada Praktik Perancangan Bangunan Gedung yang dibahas merupakan sebuah perancangan gedung bertingkat 4 lantai dengan struktur beton. Gedung ini dirancang sebagai sebuah gedung pertemuan yang akan ditempatkan di kota Bandar Lampung. Pengerjaan Praktik Perancangan Bangunan Gedung ini dilakukan menggunakan bantuan software SAP 2000 dan ETABS. Hasil akhir atau output yang diperoleh dari Praktik Perancangan Bangunan Gedung ini sendiri nantinya adalah sebuah rancangandesain struktur bangunan gedung yang mampu untuk menahan gaya yang telah ditetapkan sehingga rancangan desain tersebut menjadi aman. Praktik Perancangan Bangunan Air bertujuan untuk membuat rancangan desain ulang sebuah bendung. Bendung yang digunakan sebagai acuan disini adalah bendung Kamijoro yang terletak di area Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Bendung ini berfungsi untuk menaikkan tinggi muka air yang nantinya dapat dialirkan ke persawahan hingga pemukiman penduduk. Perancangan bendung ini dimulai dengan memetakan berbagai sungai yang mengalir dan stasiun hujan yang pada Daerah Aliran Sungai (DAS) sungai Progo. Setelah pemetaan selesai, dilakukan perhituang luasan DAS hingga mencari data curah hujan setiap stasiun. Berdasarkan data yang terkumpul, langkah terakhir adalah melakukan perancangan desain bendung itu sendiri dan juga mengujinya dengan melakukan anilisis stabilitas agar bendung tersebut dinyatakan aman. Pada Praktik Perancangan Jalan data yang dikumpulkan diperoleh dari survei langsung ke lokasi. Survei ini dilakukan di berbagai titik daerah di kota Yogyakarta. Survei yang dilakukan antara lain survei pejalan kaki, zebra cross hingga survei terkait tingkat volume kendaraan di salah satu jalan utama di Yogyakarta. Hasil anilisis yang diberikan berdasarkan survei yang dilakukan merupakan gambaran terkait sikap dan sifat pengguna jalan dalam pemanfaatan fasilitas jalan yang ada hingga memberikan sebuah desain perencanaan sebuah pekerjaan lapisan perkerasan jalan. Praktik Perencanaan Biaya dan Waktu menggunakan sebuah bangunan rumah susun yang terletak di provinsi Banten dan Jawa Barat sebagai referensi perencanaan. Praktik Perencanaan Biaya dan Waktu ini bertujuan untuk mengetahui berapa biaya yang dikeluarkan untuk menyelesaikan sebuah bangunan beserta durasinya. Dalam perencanaan rancangan anggaran biaya (RAB) dihitung berdasarkan tiap jenis pekerjaan yang ada, mulai dari pekerjaan persiapan hingga pekerjaan instalasi MEP. Dalam perencanaan durasi pekerjaan, dilakukan plotting pada software Microsoft Project. Hasil akhir dari perencanaan ini nanti adalah RAB dan Network Diagram beserta Kurva S.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Perancangan bangunan gedung, perancangan bangunan air, perancangan jalan, perencanaan biaya dan waktu
Subjects: Sipil > Transportasi
Sipil > Transportasi
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 22 Mar 2024 17:38
Last Modified: 22 Mar 2024 17:38
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/31476

Actions (login required)

View Item View Item