PERANCANGAN INFRASTRUKTUR DARI ASPEK STRUKTUR, KEAIRAN, TRANSPORTASI DAN MANAJEMEN KONSTRUKSI (Studi Kasus : Analisis Struktur Rumah Sakit 4 lantai di jakarta)

Wardhana, Hastha Chandra Wredha Tungga (2021) PERANCANGAN INFRASTRUKTUR DARI ASPEK STRUKTUR, KEAIRAN, TRANSPORTASI DAN MANAJEMEN KONSTRUKSI (Studi Kasus : Analisis Struktur Rumah Sakit 4 lantai di jakarta). S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (Hastha Chandra Wredha Tungga Wardhana)
170217113_Bab 0.pdf

Download (678kB) | Preview
[img]
Preview
Text
170217113_Bab 1.pdf

Download (251kB) | Preview
[img]
Preview
Text
170217113_Bab 2.pdf

Download (515kB) | Preview
[img] Text
170217113_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (574kB)
[img] Text
170217113_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (540kB)
[img] Text
170217113_Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (358kB)
[img] Text
170217113_Bab 6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Tugas Akhir Perancangan Infrastruktur ini merupakan rangkuman dari Praktik Perancangan yang telah ditempuh mahasiswa selama kuliah. Praktik perancangan ini dibagi menjadi 4 (empat) yaitu Praktik Perancangan Jalan (PPJ), Praktik Perancangan Bangunan Air (PPBA), Praktik Perancangan Bangunan Gedung (PPBG) dan Praktik Perencanaan Biaya dan Waktu (PPBW). Praktik Perancangan Jalan merupakan perancangan yang dilakukan untuk menganalisis tingkat keefisien trotoar. Lokasi penelitian yang dilakukan berada di Trotoar Jalan STM Pembangunan Mrican. Teknis pelaksanaan perancangan ini meninjau kepadatan, kecepatam, arus pejalan kaki hingga mendapatkan level of service atau tingkat pelayanan trotoar yang ditinjau. Praktik Perancangan Bangunan Air merupakan perancangan yang dilakukan pada bangunan air. Bangunan air yang ditinjau adalah bendung. Bendung yang ditinjau merupakan Bendung Kamijoro yang terletak di Tuksno, Kecamatan Sentolo, Kulon Progo. Perancangan yang dilakukan berdasarkan data yang telah dikumpulkan. Data ini berasal dari data curah hujan yang dialiri oleh Sungai Progo. Kemudian dilakukan analisis dan perancangan ulang dengan rencana 50 tahun. Analisis yang dilakukan berupa penentuan Daerah Aliran Sungai (DAS), menghitung analisis frekuensi, debit total, desain ulang struktur bendung dan terakhir menganalisis stabilitasnya. Praktik perancangan berikutnya merupakan Praktik Perancangan Bangunan Gedung. Praktik ini meninjau pembangunan gedung dalam hal ini rumah sakit. Perancangan ini menggunakan bantuan aplikasi SAP2000 dan ETABS untuk mendesain struktur gedung. Hasil akhir dari perancangan bangunan gedung ini berupa perencanaan struktur utama yaitu kolom, balok, atap, pondasi, tangga dan juga menganalisis keamanan pemodelan struktur menggunakan perhitungan gempa dari daerah yang ditinjau. Praktik perancangan bangunan gedung ini sudah dianalisis menggunakan SNI yang berlaku. Praktik perancangan yang terakhir yaitu Perencanaan Biaya dan Waktu. Tujuan dari praktik ini adalah untuk mengestimasi total biaya pekerjaan di proyek dan waktu yang dibutuhkan. Perencanaan biaya dan waktu yang dilakukan pada Proyek Pembangunan Perumahan Kemala Regency. Praktik perancangan ini dilakukan dengan menghitung Rencana Anggaran Belanja (RAB), menghitung Analisa Harga Satuan Pekerjaan (AHSP), kurva S, dan merancancang waktu pekerjaan yang dilakukan. Hasil dari praktik perancangan ini menunjukkan bahwa total biaya pada Proyek Pembangunan Perumahan Kemala Regency sebesar tujuh ratus sembilan puluh empat juta dua ratus sembilan puluh ribu rupiah dimana sudah termasuk PPN 10%, dan waktu pekerjaan proyek selama seratus sembilan puluh hari kerja.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Praktik Perancangan, Jalan, Sungai Progo, Biaya, Waktu.
Subjects: Sipil > Manajemen Konstruksi
Sipil > Manajemen Konstruksi

Sipil > Transportasi
Sipil > Transportasi
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 03 May 2024 18:26
Last Modified: 03 May 2024 18:44
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/31584

Actions (login required)

View Item View Item