PERANCANGAN ECOEDUPARK TEMPAT PENGOLAHAN SAMPAH TERPADU REFUSED DERIVED FUEL DENGAN PENDEKATAN ARSITEKTUR EKOLOGI DI JERUKLEGI, KABUPATEN CILACAP

Putra, Gildas Ivan Sushernawan (2022) PERANCANGAN ECOEDUPARK TEMPAT PENGOLAHAN SAMPAH TERPADU REFUSED DERIVED FUEL DENGAN PENDEKATAN ARSITEKTUR EKOLOGI DI JERUKLEGI, KABUPATEN CILACAP. S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (Gildas Ivan Sushernawan Putra)
180117196_Bab 0.pdf

Download (263kB) | Preview
[img]
Preview
Text
180117196_Bab 1.pdf

Download (355kB) | Preview
[img]
Preview
Text
180117196_Bab 2.pdf

Download (349kB) | Preview
[img] Text
180117196_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (431kB)
[img] Text
180117196_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (744kB)
[img]
Preview
Text
180117196_Bab 5.pdf

Download (17MB) | Preview

Abstract

Tempat Pengolahan Sampah menjadi salah satu fasilitas yang penting dalam sebuah wilayah. Pada Kabupaten Cilacap terdapat fasilitas Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) baru dengan menggunakan teknologi RDF (Refuse Derived Fuel). Teknologi tersebut merupakan pengolahan sampah dengan metode pengeringan yang menghasilkan sampah RDF yang dapat menjadi sumber bahan bakar pengganti batu bara untuk PLTU dan mengurangi penggunaan lahan pada TPA. Berdasarkan dari TPST tersebut, Pemkab Cilacap merencanakan pengembangan kawasan ecoedupark pengolahan sampah dengan teknologi RDF. Rencana pengembangan Kawasan tersebut timbul berdasarkan lahan yang menjadi lebih luas dan terbengkalai serta vegetasi yang mati karena penggunaan teknologi pengolahan sampah RDF yang menghasilkan residu sampah lebih minim. Teknologi RDF yang termasuk baru di Cilacap dan di Indonesia menjadi salah satu alasan timbulnya pengembangan Kawasan tersebut untuk mengedukasi masyarakat tentang teknologi pengolahan sampah tersebut. Sejumlah rencana fasilitas yang akan dibangun pada Kawasan tersebut seperti taman budaya yang dilengkapi keanekaragaman hayati. Penulisan ini memfokuskan pada perancangan pengembangan Kawasan ecoedupark yang terintegrasi dengan TPST sebagai Kawasan yang dapat mengedukasi masyarakat tentang teknologi RDF, dan dapat digunakan oleh masyarakat sebagai ruang publik baru. Terdapatnya TPST dalam rencana pengembangan Kawasan ecoedupark menimbulkan beberapa kendala yaitu pengendalian udara akibat proses loading sampah pada TPST, dan pengendalian air limbah dari hasil proses pengolahan sampah. Menggunakan metode perancangan arsitektur dengan menggunakan pendekatan ekologi pada pengembangan Kawasan ecoedupark tersebut diharapkan rancangan Kawasan tersebut menjadi Kawasan yang rekreatif dan edukatif.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Ecoedupark, rekreatif, edukatif, TPST RDF
Subjects: Arsitektur > Teknologi Arsitektural
Penelitian Dosen > Arsitektur > Teknologi Arsitektural
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Arsitektur
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 06 May 2024 18:51
Last Modified: 06 May 2024 18:51
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/31597

Actions (login required)

View Item View Item