Perbandingan Efektivitas VR Imersif dan Non-Imersif pada Pembelajaran Ruang Virtual: Studi Kasus Mahasiswa Arsitektur Universitas Atma Jaya Yogyakarta

Santi, Delvita (2024) Perbandingan Efektivitas VR Imersif dan Non-Imersif pada Pembelajaran Ruang Virtual: Studi Kasus Mahasiswa Arsitektur Universitas Atma Jaya Yogyakarta. S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (Delvita Santi)
200118344_Bab 0.pdf

Download (603kB) | Preview
[img]
Preview
Text
200118344_Bab 1.pdf

Download (593kB) | Preview
[img]
Preview
Text
200118344_Bab 2.pdf

Download (433kB) | Preview
[img] Text
200118344_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (471kB)
[img] Text
200118344_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (350kB)
[img] Text
200118344_Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (983kB)
[img] Text
200118344_Bab 6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini mengevaluasi efektivitas pembelajaran menggunakan Virtual Reality (VR) imersif dan non-imersif pada mahasiswa arsitektur Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY), dengan penambahan fokus pada ruang virtual UAJY. Meskipun preferensi awal terhadap ruang imersif terlihat dari hasil wawancara, Uji Mann- Whitney menunjukkan kelompok non-imersif mencapai skor yang lebih tinggi. Temuan ini mendorong penelitian lanjutan fokus pada uji efisiensi dengan mempertimbangkan hasil rendah dari User Experience Questionnaire (UEQ). Dua kelompok, imersif dan non-imersif, akan diuji kembali dengan penekanan pada efisiensi, terutama navigasi responden, di dalam ruang virtual UAJY. Fokus penelitian juga melibatkan analisis pola aktivitas otak terkait pengenalan dan pemahaman elemen visual dalam ruang arsitektur, menggunakan Electroencephalogram (EEG). Data EEG akan diintegrasikan dengan Performance Scoring Sensory dari EmotivPRO untuk memberikan respons sensorik. Hasil penelitian EEG memberikan diagnosa awal sebagai acuan validasi untuk data kuisioner responden. Uji Mann-Whitney diulang untuk menganalisis perbedaan efisiensi antara ruang imersif dan non-imersif, memvalidasi temuan dengan data otak. Penelitian ini diharapkan memberikan wawasan lebih mendalam tentang efisiensi pembelajaran berbasis VR, berkontribusi pada pengembangan strategi pembelajaran optimal di arsitektur, khususnya dalam ruang virtual kontekstual UAJY. Hasil penelitian ini berkontribusi penting dalam memahami potensi VR sebagai upaya meningkatkan pengalaman pembelajaran dan menginformasikan pembelajaran yang lebih efektif di bidang arsitektur.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas Pembelajaran, Virtual Reality(VR), Imersif, Non-Imersif, EEG
Subjects: Arsitektur > Teknologi Arsitektural
Penelitian Dosen > Arsitektur > Teknologi Arsitektural
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Arsitektur
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 01 Jul 2024 18:17
Last Modified: 01 Jul 2024 18:17
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/31950

Actions (login required)

View Item View Item